REFASHION DIY: 2 JENIS BAJU LAMA MENJADI GRAY CHECKERED DRESS

by - 20.38


Hai semuaaa...

Assalamualaikum Wr Wb

Rencana hati sih ingin menyumbangkan 2 pakaian ini untuk yang 'kurang mampu'. Sayangnya ada beberapa bagian yang cacat, sehingga kurang layak pakai. Daripada dibuang sayang apalagi dibuat lap, atau nekat disumbangkan dengan keadaan yang kurang layak, lebih baik aku refashion dulu deh. Setelah direfashion kog jadi mikir-mikir yak buat disumbangin. *Minta ditimpuk sendal ini.

Refashion kali ini aku menggunakan 2 pakaian bekas. 1 dress punyaku, dan satunya lagi adalah kemeja milik Pak Lelaki Surga. Dressku yang kebesaran dan kemeja Pak Lelaki Surga yang ngepas di tubuhku. Ebusyet daaah... Ini aku yang gendut atau kemejanya yang mengkerut?. Ah, ini pasti kemeja pak Lelaki Surga jaman sebelum masehi. *Gak mau dibilang gendut.

Dress kotak-kotak ini aku buat kurang dari setengah hari. Lama banget yak?. Kalo kalian bisa fokus, paling mentok 2 jam selesai. Karena aku 'nyambi' dengan yang lain, jadinya butuh waktu yang lebih lama deh.

Langsung ke proses membuatnya ya.

Cekiduuut....!!!

BAHAN yang dibutuhkan:
 - 1 Mini dress yang longgar/ kebesaran
 - 1 kemeja cowok yang pas di tubuh
 - Benang Jahit sesuai dengan warna kain

CARANYA:
Siapkan kemeja, gunting bagian lengan, dan leher. Ukur (dari leher belakang) sebesar jarak punggung (dari leher belakang ke pinggang). Kalo aku 43cm. Kemudian buat garis dari sisi kiri ke kanan (atau sebaliknya), dan gunting.

Ambil mini dress yang kebesaran, gunting di bawah ketiak. Dari ketiak kiri ke kanan (atau sebaliknya).

Jahit hasil guntingan kemeja dengan mini dress.

Ambil lengan mini dress dan lengan kemeja. Tempelkan lengan kemeja di atas lengan mini dress. Jiplak pola lengan kemeja. Kemudian gunting.

Jahit hasil potongan lengan mini dress. Ujung lengan dan bagian bawah lengan. Kemudian sambungkan lubang lengan ke lubang badan. Jahit melingkar.

Untuk bagian lubang leher. Rapikan lubang leher dengan cara menggunting yang tidak perlu. Leher bagian depan lebih rendah daripada bagian belakang.

Siapkan kain panjang berukuran lebar 4,5cm. Panjangnya sesuai dengan panjanh kerung leher. Kemudian jahit 1 sisi pada kain panjang dengan kerung leher (jahit dari arah kain yang buruk/ dalam). Kemudian tarik menuju sisi kain yang bagus/ depan. Lipat sedikit ujung kain panjang. Kemudian jahit melingkar.

Selesaiii. Dress Abu Kotak-kotaknya siap dipakai.

Baju lama rasa baru.


You May Also Like

4 komentar

  1. Aku masih punya banyak baju2 yg rasa2nya pengen aku re-fashion tp belum kesampaian. Thank you for sharing ya mbak

    BalasHapus
  2. Aku banyak baju jadul tapi sayang kalau di kasih orang hahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp mbak disimpan aja. Suatu saat akan ngehits lagi fashion jadul. Jadi gak usah beli baru. Tinggal pake baju yang tersimpan lama di lemari. Hehe

      Hapus