REFASHION DIY: STRIPE DRESS INTO 2 PIECE MATCHING SET

by - 18.54


Hai Semuaaa..

Assalamualaikum Wr Wb

Maaf ya, tema belakangan ini bakal sering merefashion old clothes. Soalnya beberapa hari yang lalu nemu banyak harta karun  di lemari yang bisa dijadikan sasaran oleh si nona mesin jahit.

Salah satunya, pink stripe dress ini. Bahan kaos/jersey, udah tipis karena melar, kalo maksa dipake bisa gaswat. Kelihatan lah lekukan tubuhku yang kayak gitar prancis ini. Daripada mengundang mata2 yang terpesona akan kemolekan tubuhku, mending aku refashion aja.

Refashion kali ini set pakaian untuk di rumah. Kebetulan bahannya adem dan nyerap keringat. Sayang banget kalo dijadikan buat lap dapur, T.T. Karena niatnya ni pakaian bisa kubuat bergosip cantik bareng tetangga, so aku tambahin kain sisa/perca warna abu-abu untuk dijadikan sebagai lengan dan lingkar lehernya. Dan celananya aku buat model kulot. Kalo di rumah kan nyaman ya pake yang longgar2, semriwing gimana getoh. Hehe.


BAHAN:
- Midi dress
- Kain perca
- Benang jahit sesuai warna kain

CARANYA:
Saipkan mini dress. Gunting bagian bawah ketiak. Ukur sebesar 45cm, buat garis dari sisi kanan ke kiri, kemudian gunting. Ukur lagi sebesar 20cm, buat garis dari kanan ke kiri, dan gunting. Jahit potongan kain tersebut. Dan jahit kelim di bagian bawahnya.

Lipat menjadi 2 bagian. Buat lingkar leher. Lingkar leher bagian depan lebih rendah daripada bagian belakang.

Ukur sisi bagian atas (dekat leher) sebesar 15cm. Kemuadian gunting, memebentuk lubang lengan.

Jahit bagian bahu (depan dan belakang).

Ambil potongan kain bekas yang lain, ukur 20cm x 15cm. Jahit bagian pinggiran lengan dan bagian bawah lengan.

Sambungkan lubang lengan dengan lubang badan dengan jarum pentul. Kemudian jahit.

Ambil potongan kain yang lain yang lebih panjang (bisban), untuk memasang lapisan pada lubang leher. Potong dengan lebar 4,5cm, dan panjangnya sesuai dengan panjang lubang leher. Kemudian sambungkan salah satu pinggiran bisban pada kain bagian leher. Jahit dari bagian kain yang buruk. Jahit melingkar, kemudian tarik menuju ke kain bagian yang bagus. Tekuk sedikit pinggiran bisban, rapikan dan beri jarum pentul. Kemudian jahit.

Ambil sisa potongan dress, Ukur 7cm, kemudian gunting (untuk ban), sisihkan. Selanjutnya dress dilipat. Pada kain yang tersambung, ukur sebesar 25cm dan 8cm. Buat garis, bagian sudutnya diberi garis melengkung. Kemudian gunting. Gunting juga bagian kain yang tersambung.

Jahit bagian yang melengkung tadi. Kemudian lanjut jahit bagian sisi selangkangan.

Siapkan kain untuk ban. Sambungkan salah satu sisi kain ban pada lingkar pinggang celana. Kemudian jahit. Tarik ban tersebut ke sisi yang buruk. Tekuk pinggiran ban sedikit, kemudian jahit. Sisakan space bolongan kecil, supaya bisa memasukkan elastic ban ke dalam bisban. Sambung setiap ujung elastic ban dengan cara dijahit. Kemudian masukkan dalam ban, dan jahit ban pinggang rapat. 

D.O.N.E

You May Also Like

2 komentar