SEWING DIY: SIMPLE YELLOW STRIPE T-SHIRT

by - 16.04


Hai Semuaaa..

Assalamualaikum Wr Wb

Membuat t-shirt ini sangaaaat mudah. Tinggal jiplak t-shirt favoritmu, udah deh gunting-gunting, dan jahit. Gak usah pake ukur-ukur badan segala, apalagi pake rumus bikin pola yang ribet itu tuuh. Kecuali kalo badanmu membesar dari ukuran t-shirt favoritmu, baru deh kamu harus pintar mengira-ngira ukuran tubuhmu yang sekarang. Biar gak ribet, usahakan menggunakan T-shirt favoritmu yang terbaru, yang muat di badan kamu.

Berhubung ini adalah bahan kaos yang melar-melar. Jadi ada teknik khusus dalam menjahit bahan kaos. Pas menjahit, jangan ditarik ya. Biasa aja, anggap itu kain katun , tapi yang bisa melar, hehe. Kemudian untuk Lenght/ panjang jahitan kalo biasanya pakai yang ukuran 2,5. Rubah menjadi ukuran 4. Kalo nekat pakai yang dibawah 4, kecepatan jehitnya akan lambat, dan hasilnya kurang rapih.

Langsung ke pembuatannya ya.


BAHAN:
 - 1,5 meter kain kaos
 - 1 buah benang jahit sesuai warna kain
 - 1 buah T-Shirt favoritmu

CARA MEMBUAT:
Kita butuh 1 potongan pola badan bagian depan, dan 1 bagian belakang, 2 lengan, dan 3 bisban.

Lipat kain kaos. Ambil tshirt favoritmu dan letakkan di atas kain kaos yang sudah di lipat. Kemudian jiplak polanya. beri tanda, dan kemudian gunting. Jiplak juga pola bagian lengan. Ambil salah satu kain badan, lipat jadi 2, gunting bagian leher lebih menjorok ke bawah.

Siapkan kain sisa, buat ukuran tingginya 3,5cm, dan panjangnya sesuai dengan lingkar leher, dan lingkar lengan. Karena bagian lengan tidak menggunakan jahitan hem, melainkan menggunakan bisban.

Siapkan kain bagian badan, kemudian jahit pada bagian bahu, sisi-sisinya, dan jahit hem bagian bawangnya.

Lanjutkan dengan menjahit bagian lengannya. Jahit bagian bawah lengan, kemudian sambungkan lubang lengan ke lubang badan, jahit melingkar. Selesai menjahit lengan, selanjutnya menjahit bisban leher dan ujung lengan.

Siapkan kain bisban, jahit pada salah satu sisi bisban ke lingkar leher,. Jahit dari bagian sisi kain yang bagus/ luar. Masukkan sisa bisban ke arah kain bagian dalam/buruk. Lipat sedikit sisi bisban, kemudian lipat lagi sampai menutupi bekas jahitan sisi bisban yang lain kemudian sematkan jarum pentul. Selanjutnya dijahit tepat pada sambungan jahitan antara lingkar leher dan bisban dari sisi kain luar/bagus. (Lebih detai lihat di Youtube).

D.O.N.E

You May Also Like

4 komentar

  1. cool! bisa nih kapan-kapan coba :D

    BalasHapus
  2. Bagian bisban kayaknya agak sulit ya hihihih apalagi buat aku yang belum coba bikin kreativitas seperti ini, keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah kog mbak. Itu kelihatannya aja yang kliatan susah.. hehe.

      Hapus