DIY SEWING: CARA MENJAHIT CELANA JOGGER DENGAN KANTONG SAMPING

by - 06.18


Hai semuaa...

Assalamualaikum Wr Wb

Sewing DIY kali ini adalah cara menjahit celana jogger dengan saku samping.

Masih ingatkah kalian pada postinganku sebelumnya 1 SET CROPPED HOODIE ? Pada postingan tersebut aku memakai 1 set cropped hoodie dengan celana jogger. Rencana bikin 1 set itu untuk joging2 cantik di weekend ceria.

Dan akhirnya, jeng jeeeeng. Sunday morning kemaren sempet joging2 ketje badai muter2 kampus STAN. Lumayanlah dapet 2 puteran. Setelah itu mampir makan bubur ayam, sate jerohan, dan beli cemilan di alfamituuuuuutt (sensor :D), mumpung ada promo menarik. Hehe.

Celana jogger ini bener2 nyamaan bingits. Aku suka, bahannya juga menyerap keringat. Aku sengaja pakai bahan kaos yang agak tebal dan gak nerawang. Di tempat tinggalku sini dekat dengan sentra toko kain bahan kaos. Jadi jangan heran ya kalo aku dengan mudahnya dapetin bahan kaos daripada bahan katun jepang.

Mari kita cekidotttt....

Yuk Subscribe, Like, dan Share
Link Di sini

BAHAN:
- 2 meter kain kaos
- 1pcs celana favoritmu


YANG DIBUTUHKAN:
- 2 lembar potongan kain celana bagian depan
- 2 lembar potongan kain celana bagian belakang
- 4 lembar potongan kain saku
- 2 lembar potongan kain untuk celana bagian bawah ukuran 8cm dengan panjang sesuai dengan lingkar kaki
- 1 lembar potongan kain ban pinggang ukuran 8cm dengan panjang sesuai lingkar pinggang
- 2 lembar elastic untuk kaki bagian bawan ukuran 3cm dengan panjang sesuai selera
- 1 lembar elastic untuk ban pinggang ukuran 3cm dengan panjang sesuai selera

CARA MEMBUAT:


Siapkan kain. Lipat kain menjadi separo.


Ambil celana, lipat separo (bagian depan di bagian luar/atas). Letakkan di atas kain. Bagian bawah celana dilipat, kira2 4cm. Beri tanda/garis kemudian gunting. Kalau kalian menggunakan celana yang pas di tubuh, pastikan kalian memberi jarak jahitan yang lebih lebar terutama di bagian pinggang.


Ambil celana, lipat celanamu menjadi separo, pada bagian belakang berada di luar/atas. Letakkan di atas kain sisa hasil guntingan yang pertama. Lipat bagian bawah celana kira2 4cm. Tandai dan gunting. Jangan lupa jarak jahitan dilebihkan.


Ambil sisa kain lainnya. Buat potongan kain persegi panjang dengan ukuran 8cm x panjang sesuai lingkar kaki bawah. Buat 2 lembar.

Ambil sisa kain lainnya lagi, buat potongan kain persegi panjang dengan ukuran 8cm x panjang sesuai lingkar pinggang. Untuk ban pinggang.


Ambil sisa kain yang lain untuk membuat bagian saku 4 lembar. Ukur sesuai telapak tanganmu.


Ambil potongan kain celana bagian belakang dan depan. Letakkan sisi kain yang bagus saling berhadapan. Kemudian jahit bagian yang melengkung.


Selanjutnya, ambil saku. Jahit semua 4 lembar saku pada setiap sisi atas celana. Sisi kain yang bagus saling berhadapan.




Satukan celana. Bagian buruk saling berhadapan. Kemudian jahit bagian sisi saku. Kemudian balik celana. Sisi buruk di atas. Ukur dari atas 3cm. Kemudian dari 3cm itu ukur lagi 15cm (untuk lubang saku). Selanjutnya jahit bagian atas (1-3cm). 




Kemudian mulai jahit lagi dari ukuran 15cm sampai ke bawah celana. Selanjutnya jahit bagian selangkangan celana.



Ambil 1 lembar kain persegi panjang ukuran 8cm x panjang sesuai lingkar celana bawah. Lipat separo. Jahit ujungnya. 



Kemudian lipat separo memanjang. Kemudian jahit sambung ke celana bawah. Biarkan terbuka sebesar 3cm untuk memasukkan elastic.


Siapkan elastic dan jarum peniti. Tancapkan jarum peniti ke bagian salah satu ujung elastic. Kemudian masukkan ke dalam lubang yang belum terjahit. Dorong elastic sampai keluar di lubang yang sama. Kemudian satukan ujung elastic dan jahit. Masukkan semua elastic ke dalam lubang. Kemudian jahit lubang tersebut.




Lakukan hal yang sama pada lubang kaki satunya lagi, dan juga pada bagian ban pinggang

D.O.N.E

You are ready to rock your new jogger pants. Yeeeyyy....

Eitsss... Jangan lupa ya buat Subscribe, Like, dan Share Youtube channel akyuu. :)

You May Also Like

0 komentar