REFASHION DIY: LONG SKIRT INTO PINAFORE DRESS

by - 12.55

Hai Semuaa..

Assalamualaikum Wr Wb

Refashion lagi yaa.. hehehe.

Kali ini, merombak rok panjang. Entah kenapa, aku kalo pake rok panjang tu berasa kayak cupu banget. Gak dink, berasa kayak kembang desa geto *eiyaaaaa. Makanya setiap kali Ibuku beliin rok panjang, pasti berujung di rak lemari yang paling bawah. Yang penting udah aku pakai sekali ajah. Setidaknya udah nyenengin ibuku laaah. gak percuma beliin rok cantik buat anak perempuannya yang ayu ini, hehe.

Kenapa aku bisa ada rok panjang 1 nyempil di rak lemariku? Harus percaya yak. Rok motif batik ini adalah hasil karya pertamaku saat kursus jahit. Setiap kali aku pegang ini rok, ada rasa gak percayanya geto. 

"masa sih ini jahitan aku sendiri?"

Aku aja gak percaya apalagi kalian. Hehe. Lebih emejingnya, ternyata jahitanku ini lumayan rapih yak. Gak heran, Guru kursus jahitku kaget, dikira aku udah pernah jahit sebelumnya. Seniorku juga mengiyakan. Bahkan, Ibuku sendiri juga bilang yang sama. Kata Ibuku, mungkin karena kualitas otakku adalah otak mahasiswa, jadi beda dengan otak yang gak mahasiswa. Laaahh.. apa hubungannya mahasiswa dengan menjahit. Wong jurusanku yo Akuntansi, bukan jurusan jahit.

"Ibu dulu pertama jahit, dimarahin sama gurunya terus, gara2 jahitan ibu miring-miring. Miring dikit disuruh tetel. Kamu baru pertama jahit bisa kayak gini ya bisa dibilang rapi buat pemula. Mungkin efek otakmu otak mahasiswa"

Kebetulan Ibuku maestro menjahit. Jangan tanyakan kenapa aku gak belajar menjahit dari Ibuku sendiri?.

Kembali ke topik, daripada ini rok gak pernah aku pakai, lebih baik aku refashion aja. Duuuhh, di saat seperti inilaah yang membuat diriku bangga akan diriku sendiri. Thanks GOD.

Model rok ini bisa di pasang copot. Jadi bisa model pinafore atau bahasa endonesahnya rok kodok. Bisa juga dilepas, jadi midi rok biasa.


BAHAN:
- Rok Panjang
- benang sesuai warna kain
- kain keras
- 5 buah kancing klip (yang biasanya di kebaya kutubaru itu)

PERSIAPAN:
- 1 rok sesuai ukuran, kalo aku tetep lah ya selalu harus dibawah dengkul. Gak PD pake yang mini-mini. Hehehe. Ngukurnya dari pinggang ke bawah ya.


- 2 potong kain ukuran 22x28cm
- 1 potong kain keras 22x28cm
- 2 potong kain dengan tinggi 7cm, dan panjang 63cm

CARANYA:




Siapkan rok panjang. Ukuran sesuai dengan panjang rok yang diharapkan. Kemudian potong. Jahit hem bagian bawahnya.



Pada sisa kain, buat potongan kain ukuran 7cmx63cm, buat 2 potong. Kemudian lipat memanjang. Jahit "L".


Ambil sisa kain yang lain, potong kain dengan ukuran 22x28cm (buat 2 potong juga). Siapkan juga kain keras dengan ukuran yang sama. Tempelkan kain keras disalah satu kain persegi tepatnya tempel pada sisi yang bururk. Tempel dengan cara disetrika.


Susun potongan kain. Kain tanpa lapisan kain kerasnya (sisi buruk menghadap di luar). Lanjut letakkan potongan kain panjang pada salah satu ujung kain yang ukuran 22cm (beri jarak setiap sisinya untun tempat menjahit). Kemudian tutup dengan potongan kain yang afa lapisan kain kerasnya. Kemudian jahit setiap sisinya. Beri jarak/ lubang seberas 5cm, untuk membalik kain. Untuk lebih detai lihat di video. Setelah dibalik, jahit bagian yang berlubang dengan jahit tangan. Usahakan jahitannya tidak terlihat dari sisi luar.


Keluarkan kain yang panjang. Kemudian tarik. Keluarkan sisi kain yang bagus.



Kemudian, siapkan kancing klip. 3 buah di bagian depan, 2 buah untuk bagian belakang. Jahit setiap kancing dengan cara jahit tangan. Bagian kancing klip yang berlubang/ rata, jahit pada bagian rok.

D.O.N.E

You May Also Like

0 komentar