DIY SEWING: CARA MENJAHIT BROKAT DRESS dengan KAIN FURING

by - 02.39


Hai semuaa...

Assalamualaikum Wr Wb

Kali ini giliran bahan lace atau brukat. Sebenernya sempet ragu, si nona mesin jahit bisa gak ya naklukin kain lace. Soalnya aku banyak mendengar ocehan orang2 yang kesusahan jahit kain berbahan lace. Katanya juga ada teknik khusus supaya jahitan bagus dan rapih.

Sengaja beli bahan lace yang agak melar2 geto. Mikirku kalo aku isa menaklukan ni kain berarti aku isa menaklukan lace yang lain juga. *Haisyaahhh... Gayaku loh.

Akhirnya, jeng jeeeeng. Ternyata dengan mudah syekali aku jahit ni kain. Tanpa embel2 dilapisi kertaslah, koranlah, sepatu khususlah, dll. Aman jayaaaa. Alhamdulillah gak pake acara netel juga. Duhhh.. gak kebayang deh kalo netel gimana. Bagi aku yang beginner dan sembrono gini, isa2 salah netel. Waduhh..


Khusus bagian bawah kain lace sengaja gak aku jahit hem. Kalo kain furingnya ya harus di jahit hem donk. Ouw iya, untuk kain furing aku pake kain katun biasa, bukan kain furing yang arrow itu.


Lace dress ini, sempat aku pakai saat jalan2 menelusuri ikonnya Indonesia, MONAS. Woooww, emejing loh. Apalagi liat pemandangan gedung bertingkat menjulang tinggi dari puncak monas, anginnya bikin rambutku kemana2. Meskipun dipakai untuk jalan2 seperti ini tetep nyaman, memang aku sengaja bagian bawahnya lebar. Ya biar kaki isa melangkahkan diri sejauh mungkin, hehe.

Subscribe, like, dan share ya :)
(Link Di sini)

LACE DRESS WITH INNER FACING

BAHAN:
- 1,5m kain lace/ brokat
- 1,5m kain furing
- kaos favorit/ dress fav


YANG DIBUTUHKAN:
- 1 lembar kain brukat bagian depan
- 1 lembar kain brukat bagian belakang
- 1 lembar kain furing bagian depan
- 1 lembar kain furing bafian belakang
- 1 lembar bisban untuk leher ukuran 4cm x panjang sesuai dengan lingkar leher
- 2 lembar bisban untuk lengan, ukuran 4cm x panjag sesuai lingkar lengan

CARA MEMBUAT:



Lipat kain brukat 2x. Letakkan kaos/dress fav di atas kain. Tandai dan potong. Jangan lupa beri jarak ekstra untuk jahitan. Panjang dress sesuai dengan selera.


Lakukan hal yang sama pada kain furing.


Jahit stik balik setiap sisi kain, dari bawah ketiak sampai bagian bawah. Jahitan pertama pada sisi kain bagus di luar. Balik kain kemudian jahit lagi. Sisi kain yang jelek si luar.


Satukan kain furing dan kain brukat. Bagian brukat ada di atas (sisi bagus di atas). Jahit bagian bahu.


Siapkan 3 buah bisban. 1 bisban tempelkan dengan pin ke bagian leher. Kemudian jahit bisban dengan lingkar leher. Gunting cekris dan gak boleh melebihi bekas jahitan yang pertama. Kemudian tarik sisi ke area dalam (sisi kain yang buruk). Kemudian pin dan jahit.



Lakukan hal yang sama pada sisi lengan lainnya.


Jahit hem untuk bagian bawah kain furing.
Untuk kain brukat gak ku jahit. Aku mengandalkan pinggiran kain brokatnya.

LACE DRESS IS DONE. YEEEYYY....

You May Also Like

4 komentar

  1. Wah...ternyata gampang banget toh. Kirain harus pakai koran gitu...
    Ada kain brokat dianggurin nih, belum berani dijahit.
    Makasih sharingnya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak Tri Wahyu Handayani.
      Terimakasih sudah berkunjung.
      Silahkan dipraktekkan mbak.

      Hapus
  2. kak halo bagus banget hasilnya. aku suka banget kain yang berbahan lace. kesannya cantik dan elegan gitu kak.

    BalasHapus
  3. Thanks for sharing.. Mau tahu lebih banyak tentang teknik menjahit yang dapat diterapkan dalam proses pembuatan pakaian?.. Download E-Book menjahit dari Fitinline yuk..

    BalasHapus