DIY SEWING: CROP TOP & ROK PANJANG SET

by - 00.12


Hai semuaaa..

Assalamualaikum Wr Wb

Maaf update minggu ini pake telat. Tiba2 minggu ini kepercayaan diriku entah hilang kemana. Tapi sekarang sudah kembali kog.
Aku tipe cewek yang bisa dibilang minder pake rok panjang. Entah kenapa, kalo pake rok panjang tu kesannya kayak kembang desa geto, tinggal rambut dikepang 2 kanan kiri, tambah pake kacamata dan bawa buku banyak. Kutu buku donk yeeee.


Bikin pakaian 1 set ini super gampang dan cepat loh. Pengerjaan mulai jam 9 pagi, kelar jam 1 siang. Itu aja sambil bikin videonya, jadi lama ngrekamnya. Kalo jahit doank mah 1,5 jam kelar.


Dan juga ini gak pake pola. Tinggal ukur2 aja. Kalo kalian bisa ukur badan, cuma butuh 2 ukuran aja. Panjang rok, dari pinggang ke mata kaki. Dan ukur panjang bajunya, dari bahu (dekat leher) sampai pinggang. Khusu untuk atasannya, sengaja aku lebihkan 3cm. Kalo pinggang banget terlalu terbuka. Keliatan donk perut rataku yang maju ke depan.

Untuk lebih jelas silahkan klik video dibawah ya. Jangan lupa buat subscribe untuk next video.


Langsung ke caranya ya. Cekidoooot..

BAHAN:
- 1,5m kain (aku pake kain rayon)


YANG DIBUTUHKAN:
- 1 lembar potongan kain atasan bagian depan
- 1 lembar potongan kain atasan bagian belakang
- 1 lembar bisban leher (3cm x panjang sesuai lingkar leher)
- 2 lembar bisban lengan (6cm x panjang sesuai lingkar lengan)
- 1 lembar potongan kain rok bagian depan
- 1 lembar potongan kain rok bagian belakang
- 1 lembar ban pinggang ( 9cm x panjang sesuai lingkar pinggang rok)
- 1 lembar elastic ban


CARA MEMBUAT:
Untuk rok

Untuk atasan

Lipat kain menjadi setengah. Ukur panjang rok yang diinginkan (aku 95cm). Kemudian potong. Bagian sambungan juga dipotong.

Ambil sisa kain, ujur panjang baju sesuai yang diinginkan, aku 45 cm. Kemudian gunting. Bagian yang tersambung juga digunting.


Ambil sisa kain yang lain. Buat bisban untuk leher dan kedua lengan. Buat juga ban pinggang rok.


Ambil potongan kain untuk baju (atasan).  Buat lubang leher. Ke samping 8cm, ke bawah 3cm. Untuk leher bagian depan lebih lower 6cm.

Selanjutnya, Sisi kain atasan yang bagus saling bertemu. Jahit bagian bahu, dan bagian sisi kanan kiri. Jahit hem bagian bawahnya.


Ambil bisban, jahit ujung bisban. Jahit bisban ke badan leher. Jahit dari sisi badan yang bagus. Setelah dijahit, pada sambungannya itu gunting cekris jangan melebihi jahitan. Kemudian lipat sesikit sisi bisban yang lain, lalu tarik menuju sisi buruk sampai menutupi jahitan. Pin tepat pada jahitan (sambungan) bagian badan depan. Lalu jahit tepat pada sambungan depan badan.


Ambil bisban untuk lengan. Jahit ujungnya. Lipat memanjang. Pin bisban pada badan lengan. Jahit pada sisi badan lengan yang buruk. Setelah dijahit, lipat bisban ke sisi kain yang bagus. Kemudian jahit sesikit pada sisi lengan bawah, dan atas.


Ambil potongan kain rok, jahit bagian sisi kanan dan kiri. Jahit hem pada bagian bawah. Ambil ban pinggang. Jahit ujung ban. Lipat menjadi setengah (memanjang). Kemudian pin pada sisi bagus pinggang rok. Kemudian jahit, dan beri jarak jahitan sekitar 3cm (lubang untuk memasukkan elastic ban). Ambil peniti dan elastic ban, tancapkan peniti pada elastic. Masukkan ke dalam lubang, sampai keluar di lubang yang sama. Ujung elastic dijahit menyambung. Lalu masukkan elastik menyeluruh ke dalam ban pinggang, kemudian tutup lubang dengan dijahit. Rapihkan.


D.O.N.E


Siap menjadi wanita yang anggun jelita.
Happy sewing teman2..

You May Also Like

4 komentar

  1. Balasan
    1. Terimakasih kak Ramadani idaham sudah berkunjung dimari.

      Hapus
  2. cita-cita banget nih, bisa bikin baju sendiri

    BalasHapus