MEMBUAT BISBAN SENDIRI DARI KAIN

by - 06.12


Hai semuaaa..

Assalamualaikum Wr Wb

Dulu, aku pikir bisban itu tinggal gunting lurus beres deh. Ternyata ada tekniknya. Makanya hasil jahitan bisbanku kog gak rapih sama sekali. Masih terlihat kerut2nya. Gak enak gitu dilihat.

Tekniknya adalah gunting miring. Coba deh tarik kain secara horizontal dan vertikal. Hasilnya kain pas ditarik mentok, gak melar. Berbeda kalo nariknya serong/miring, kain akan sedikit melar. Naah.. kain yang melar ini bisa dengan leluasa mengikuti setiap lekukan kerung. Sehingga, hasilnya lebih rapih.

Udah tahu kan tekniknya, sekarang bikin bisban sendiri yuk. Kalo beli mehoooong, selain itu bisa disesuaikan dengan selera kita sendiri. Kalo beli di toko pilihan warnanya itu lagi itu lagi. 


Penjelasan lebih jelas ada di youtube chanel aku. Jangan lupa subscribe, like, and share. :)

Link Di sini

MEMBUAT BISBAN SENDIRI DARI KAIN

BAHAN:
- 1 lembar kain persegi empat sama sisi. (Ukuran sesuai selera ya.
- kapur
- penggaris
- jarum jahit tangan
- peniti
- gunting

CARA MEMBUAT:





Siapkan 1 lembar kain sama sisi. Kemudian lipat membentuk segitiga. Kemudian lipat lagi menjadi segitiga kecil.




Buat garis sejajar dengan lipatan kain yang tersambung sebesar 2cm. Selanjutnya buat garis lagi dengan ukuran 4cm. Buat garis sampai memenuhi segitiga. Kemudian gunting sesuai garis.


Hasil guntingan akan didapat 2 layer kain panjang. Sambung antar ujung layer satu dengan layer yang lain dengan dijahit serong. Sehingga menghasilkan kain bisban yang panjang.


Siapkan jarum jahit tangan. Tusukkan pada busa alas setrikla. Tusuk dengan ukuran seauai selera. Tusukan sesuai gambar di bawah yaa.





Masukkan ujung bisban sampai melewati jarum jahit tangan. Bisa dengan bantuan peniti. Tata bagian lipatannya. Jika sudah dianggap rapi, ambil setrikla, kemudian setrika ujung bisban yang sudah dilipat rapi. Lakukan sampai bisban habis.

Selanjutnya, lipat kain bisban dengan salah satu sisinya yang lebih panjnag.




Bisban selesai dan siap digunakan.


You May Also Like

4 komentar

  1. jd gak perlu dijahit ya, mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak Tira. Makasih sudah berkunjung.
      Kalo bisban dirasa kurang panjang bisa disambung dan dijahit.

      Hapus
  2. Aku pengen bisa belajar jahit kayak mbak miftha tapi aku punya kelemahan phobia kancing 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ra sah pake kancing mbak. Polosan wae atau resletingan wae. Lebih gampang resletingan.
      Sini mbak, tak ajari. Hehe.

      Hapus