REFASHION DIY: FRONT TIE BLOUSE FROM SHIRT (BLUS TALI DEPAN)

by - 05.47


Hai semuaaa..

Assalamualaikum Wr Wb

Kali ini refashion ya. Dari Kemeja Batiknya pak Lelaki Surga, aku alih fungsikan menjadi batik untuk aku. Hehehe.


Bukan karena disengaja sih, karena kondisi kemeja batik yang ada beberapa titik yang bikin malu kalo tetep dipake. Kerah yang udah robek2 dan di bagian bahu ada lobang agak besar yang gak bisa diperbaiki. Hmmmmm...

Untuk bagian yang lain Alhamdulillah aman. Jadiii, aku manfaatin aja untuk proyek refashionku. Hihihi. Lagi pula beli ni batik karena tertipu dengan tulisan promo. Ada tulisan promo 70℅. Eeee pas bayar kog malah harga normal. Hasyemik. Kalo tinggal di Jekadah memang harus gak tau malu. Kalo promo, sebelum bayar harus nanya dulu "ini promo gak?". Untung aja aku isa jahit. Jadi gak dibuang atau dijadiin lap, Alhamdulillah. Emak2 banget ini mah. Hehe.


Inspirasi datang dari ZAN.STYLE (clothing online shopping). Salah satu clothing online favoritku. Bukan untuk ku beli sih, tapi kucontek model2 fashionnya. Hehehe. Salah satu enaknya bisa menjahit tu ya begini. Gak perlu ribet muter2 nyari pakaian yang diharapkan. Tinggal lihat, cussss.. bikin deh. Tapi tetep dink muter2 nyari kain yang cucok boook. Kalo refashion gini mah cuma perlu ubek2 isi lemari. Hehe.


Menbuat ini mudah banget kog. Apalagi refashion ya. Gak usah mikir pake pola. Langsung kasih tanda, gunting, dan jahit. Semuanya ilmu kira-kira. Pinggirannya pake bisban. Bisa sih langsung dilipat gak pake bisban, tapi menurutku kog lebih rapih pake bisban.

Buat beginner, kuncinya mah yakin aja. Insyaallah berhasil. Dari pengalaman aku, saat aku ngerasa ragu, eeee ternyata hasilnya ada aja yang salah dan berujung pada penyesalan. Dulu, aku sering tuh begini. Jadi buang jauh2 keraguan kalian ya.

Kalau kalian ragu, untuk percobaan bisa pake kertas koran. Bikin dengan ukuran 1 banding setengah. Terus dijahit manual pake tangan. Hasil jadinya bisa terlihat. Kalo ada yang kurang ya diperbaiki lagi, sampai nemu yang pas.

Untuk lebih jelas silahkan lihat ya video youtube aku. Dan jangan lupa Subscribe untuk video selanjutnya. Like dan share juga ya.

Link klik Di sini

Oke.. langsung cekidooott..

BAHAN:

- Kemeja lama


YANG DIBUTUHKAN:

- Hasil guntingan dari kemeja, 1 lembar (depan belakang sudah menyatu)

- 1 lembar bisban untuk pinggiran leher sampai ke bawah. Ukuran 3,5cm , panjang sesuai dengan kebutuhan.

- 1 lembar bisban untuk pinggiran bawah. Ukuran 6cm, panjang sesuai kebutuhan. Jangan lupa dilenihkan beberapa cm untuk bagian talinya.


CARA MEMBUAT:



Siapkan kemeja. Gunting bagian leher.


Selanjutnya beri tanda dengan kapur jahit dari lingkar bahu belakang sampai ke bawah. Kemudin gunting.


Ukur badan kalian, dari bahu bagian atas sampai ke pinggang. Gunting.



Siapkan bisban untuk lingkar leher. Pin mengelilingi leher kemudian jahit (dari lapisan kain yang bagus saling berhadapan). Gunting cekris jangan melewati jahitan. Tarik sisi bisban yang belum terjahit ke bagian badan kain yang buruk. Tekuk sedikit kemudian letakkan sampai menutupi jahit yang pertama. Kemudian pin, dan jahit tepat di lapisan kain yang bagus (tepat pada sambungannya).


Dari atas: Tampak Belakang, tampak depan, dan Jahit tepat pada sambungan



Lakukan hal yang sama pada bagian bawah. Pembedanya adalah bisban bagian bawah lebih panjang untuk talinya. Pada bagian tali tekuk kedua sisi saling bertemu, kemudian jahit. Untuk ujung tali, lipat menjadi setengah, jahit ujungnya. Kemudian balik sampai kesua sisi saling bertemu. Tekuk sedikit ke dalam sisinya, kemudian jahit.


DONE. HAPPY SEWING.


You May Also Like

1 komentar

  1. Enaknyaaa, kalo bisa jahit gini yaaa :) . Aku bukan tipe sabar dan nth kenapa kalo udh soal kerajinan tangan termasuk jahit menjahit, kok ya ini tangan susah utk bekerja sama :p. Tp ide refashion mu ini, mau aku coba. Bajunya ntr aku bawa k tukang jahit aja tapi :D.

    BalasHapus