RAMADHAN LOOK & DIY: MAXI CARDIGAN

by - 01.42


Hai semuaa...
Assalamualaikum Wr Wb

Marhaban Ya Romadhon. Selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga puasanya lancar dan semua amal ibadah kita diterima Allah SWT. Aamiin.

Di bulan yang suci ini, Miftha Kaje akan memberikan sentuhan Ramadhan yang cucok meong buat hangout dan buka bersama.

Selain ajang silaturahmi, bulan Romadhon menjadi ajang pakaian baru. Bagi penjahit amatir, kejatuhan banyak kain itu seperti kejatuhan durian tepat di atas kepalaku. Niat hati off terima jahitan di bulan puasa ini, ternyata mampu dikalahkan dengan rayuan-rayuan gombal sang pelanggan yang tak lain adalah teman-temanku. Ouuwwhh... Mereka sepertinya sudah tahu kelemahanku.

Sebenarnya aku gak begitu tertarik dengan cardigan, apalagi cardigan panjang begini. Kog aku ngerasa gak ada bagusnya kalo aku yang pake. Beberapa hari sebelumnya, aku dapat order jahitan cardigan panjang dari seorang temanku. Salah satu enaknya jadi penjahit itu bisa sekalian nyobain pakaian yang dijahitin, kalo muat.. hehehe. Naah, aku coba maxi cardigannya itu, hasilnya aku terlihat feminim kayak princes yang penuh dengan kharisma, *tsaaahh. Jadilah aku mupeng pengen buat satu maxi cardigan buat diriku sendiri. Eeeee.. lha kog setelah bikin malah aku tidak merasakan perasaan yang sama saat aku mencoba maxi cardigannya temenku ituh. *Ini sering terjadi loh.  Inilah yang dimaksud dengan "rumput tetangga lebih hijau".

Maxi cardigan ini sengaja aku tambahkan tali pada pinggangnya. Inspirasi sih dari seorang artis Korea. Maxi cardigan oversize dengan tali pinggang, terlihat kece banget, dan tidak meninggalkan sisi ketomboy'annya karena dia pake dalaman t-shirt, celana kulit, dan sepatu boot. Bayanganku mah minimal kayak tu artis *lebay. Eeeee... Iya kayak artis beneran di majalah trubus. Kalo si artis korea itu bodynya lurus perut rata, lhah aku kog malah mblenuk sana mblenuk sini. Terlalu banyak lipatan-lipatan lemak.

Cardi ini aku buat pake kain silk. Memang sengaja pilih kain itu sih. Aku naksir ama motifnya banget. Terus kalo buat jalan lebih berasa kayak bidadari yang punya slendang di belakang. Semerbik semerbik, *suara slendang diterpa angin. Bikinnya juga gampang. Guampil lah pokoe.


Cardi ini kemaren aku pake ke acara nobar deadpool dan buber bareng pak Lelaki Surga. Sekalian pak Lelaki Surga ku suruh shootingin akyuk yang lagi melenggak lenggok.

Mau tau keseruanku dalam melenggak lenggok buat pamerin cardi baru ini. Check this video. Subscribenya jangan lupa yaaaa..


Okelah langsung ke tutornya. Selamat mencoba. Ouw iya, untuk polanya seperti biasa, cukup dengan kaos favorit.

BAHAN:


- 1,5m kain (aku pake kain silk)
- 1pcs kaos favorit. Atau cardigan favorit


YANG DIBUTUHKAN:

- 2 lembar potongan kain bagian badan depan
- 1 lembar potongan kain bagian badan belakang
- 2 lembar potongan kain bagian lengan
- 2 lembar potongan kain untuk tali (kurleb 5x45cm)


CARA MEMBUAT:
Tentukan panjang cardigan yang diinginkan.



Potongan kain bagian depan

Siapkan kain, lipat 2x. Kemuadian ambil kaos favoritmu, lipat jadi setengah. Letakkan di atas kain. Kemudian jiplak polanya dan lalu digunting. Panjang sesuai yang diharapkan yak. Aku pake panjang 135cm. Ambil 1 lembar hasil potongan kain bagian badan, gunting bagian tengahnya.


Ambil sisa kain, lipat 2x juga. Jiplak polanya lalu gunting. Karena ini Romadhon, aku sengaja bikin lengan panjang. Panjangnya 55cm. Lebar nadi 13cm. Sengaja bikin longgar supaya isa digulung ke lengan atas kalo buat wudlu. Bdw ujung lengan ditambah 4cm untuk jahitan tepinya.


Ambil sisi kain yang lain. Buat 2 lembar potongan kain persegi panjang untuk tali. Dengan ukuran kurleb 45cm x 5cm (aku lupa ngukurnya). Kemudian lipat menjadi setengah, lalu jahit. Kemudian keluarkan sisi baik kain dengan menggunakan peniti atau penjepit rambut hitam.

Ambil potongan kain bagian badan depan dan belakang. Tata potongan kain dengan sisi kain yang bagus saling berhadapan. Dari bawah cardi, ukur sebesar kurleb 35cm untuk belahan kanan dan kiri. Jahit bagian bahu, dan bagian sisi. Khusus bagian sisi gak boleh melebihi tanda belahan ya.



Ambil potongan kain bagian lengan. Pada bagian pergelangan tangan, tekuk 2x pada bagian kain yang buruk. Kemudian jahit. Lipat lengan menjadi setengah, kemudian jahit bagian sisinya. Selanjutnya jahit sambung antar kerung lengan dengan kerung badan.


Selanjutnya, pada bagian lengkungan leher ke bawah. Tekuk 2x juga, kemudian jahit. Lakukan hal yang sama pada setiap belahan. Dan juga jahitan untuk bagian bawah cardigan.


Untuk tali. Tetel jahitan yang di pinggang. Tetel sekitar 2cm. Masukkan tali ke dalam lubang tersebut. Masukinnya dari bagian kain yang bagus ya. Kemudian jahit tepat di sisi kain yang buruk.


DONE.

MAXI CARDIGAN SIAP UNTUK MELAMBAI-LAMBAI DI SETIAP LANGKAHMU. :)

You May Also Like

4 komentar

  1. wah aku sudah lupa cara jahit baju, setelah menikah gak pernah lagi jahit baju

    BalasHapus
  2. wuaaaa senangnya aku ketemu blog jahiiiit.. kece mbaaaa

    BalasHapus
  3. Thanks for sharing. Tertarik untuk mempelajari bagaimana cara membuat busana muslim model terbaru tanpa harus mengikuti kursus jahit?. Anda bisa memanfaatkan pola baju muslim siap pakai dari Fitinline.

    BalasHapus
  4. Izin save ya foto diynya. Makasih mba sharingnya. Coba2 bikin ah nt siapa tau bisa hehehe masih belajar jahit2

    BalasHapus