HOW I WEAR & DIY SEWING BASIC MAXI DRESS

by - 01.41


Hai teman2..

Assalamualaikum Wr Wb

Iam backk.... :)

Ups.. sebelumnya, selamat Lebaran ya. Mohon Maaf Lahir Bathin. Taqobballahu Minna Wa Minkum. Taqobbal Yaa Kariim.

Telat banget yak. Mohon maaf. Sebenarnya, udah ada niatan update dengan tema yang berbeda. Biasanya kan DIY Sewing, rencana mau aku bikin Lookbook geto kayak Lookbook Ramadhan, dan Lookbook Lebaran. Ternyata gak sempat berlenggak lenggok di kamera. Orderan jahitan yang menumpuk membuatku tak berdaya untuk update. Setelah lebaran pun masih ada beberapa yang numpuk. Yang ini belom selesai, eeee.. lha kog malah datang lagi, datang lagi, dan lagi. Tetep prioritas keluarga. Jadi maaf yak buat teman2 yang kainnya masih ada di aku, harap bersabar pake bingiiiiittzz.

Semangat menjahitku sudah 60% terisi. Mari pemanasan dengan update blog dan youtube channel. Semangaaattt...
Untuk rasa bersalahku karena lama gak update, aku sengaja kasih bonus "How I Wear My Basic  Maxi Dress". Bahasa Jawanya, "iki loh gayaku yen nganggo klambi dowo".

Look yang pertama.

COMFY LOOK



Berhubung aku gak PD dengan pakaian yang terlalu terbuka, so aku pakein daleman t-shirt. Biar gak terlalu biasa, aku tambahkan kemeja denim yang aku ikat di pinggang. Dan biar lebih terlihat sporty, pake sepatu high top convers. Untuk tasnya, pake Sun Back Bag. Gift dari kakak sepupu (dibaca: lungsuran). Hehe.

Look yang kedua.

CASUAL LOOK



Kalo look yang pertama kemeja denimnya di ikat di pinggang, untuk look kedua, kemeja denimnya aku buat untuk top. Biar lebih kece badai, bagian bawah kemeja aku tali tepat di pinggang. Jadi siluet pinggangnya lebih terlihat. Kalo gak mau terlalu seksi, pada bagian dada bisa dikancingkan sampai atas.

Look yang ketiga.

FORMAL LOOK



Naah, kalo ini bagi teman2 yang woman carier atau bisnis woman. Cucok meong dengan look ketiga ini. Dress yang terlihat biasa ini bisa berubah menjadi lebih berkelas karena didampingi dengan blezer hitam, tas hitam gold, dan sepatu heels. Ouuuww, bener2 berasa kayak bos nih. Hehehe.

Gimana?. Diantara ketiga look di atas, mana yang kamu banget? :)

Selanjutnya, Cara Menjahit Dress Panjang. Untuk lebih jelas, silahkan tengok channel Youtubeku di bawah ini. Kalo kalian suka, silahkan subscribe. Tengkyyuk.





Bahannya:



- koran bekas

- kaos/ tanktop favorit

- 1,5m kain kaos


Yang dibutuhkan:

- 1 lembar potongan kain dress bagian depan

- 1 lembar potongan kain dress bagian belakang

- 1 lembar lapisan dalam kain bagian depan
- 1 lembat lapisan dalam kain bagian belakang
- 2 lembar kain ukuran 3cm x 47cm


Cara Membuat:
Siapkan kertas koran. Letakkan kaos/tanktop favorit di atas kain. Kemudian jiplak polanya dan gunting. Panjang dress (aku) 135cm.



Selanjutnya, buat garis lurus tepat di bawah ketiak. Kemudian ambil titik tengahnya, lalu dari titik tengah tersebut ukur kurleb 15cm ke arah bahu. Beri tanda. Kemudian buat garis penghubung dari tanda tsb ke garis bawah ketiak, dan lanjut dari tanda ke sisi lainnya. Khusus bagian sisi pola yang lurus, lebih baik garis dinaikkan kurleb 5cm ke arah bahu. Kemudian gunting sesuai garis. ( Ini adalah untuk pola bagian depan).



Untuk bagian bawah, bisa dijiplak ulang pola koran yang bagian depan tadi. Bedanya adalah gunting tepat di garis (bawah ketiak).


Ambil kain, lipat secukupnya. Letakkan pola koran bagian depan di atas kain. Buat garis, dan jangan lupa beri jarak jahitan. Lakukan yang sama pada bagian belakang.



Ambil sisa kain yang lain dan agak lebar. Jiplak potongan kain bagian depan. Jiplak hanya bagian dadanya saja. Untuk ukuran bawah ketiak antara 5-10cm. Kemudian gunting. Lakukan yang sama pada bagian belakang.



Siapkan sisa kain yang lain, 3x47cm. Lipat menjadi setengah, kemudian jahit bagian sisi yang panjang. Gunakan alat bantu ikat rambut/ peniti, keluarkan bagian bagus kain.



Siapkan potongan kain bagian depan. Letakkan tali tepat di bagian ujung kain (bagian dada), lalu tutup dengan kain lapisan depan. Jahit bagian atasnya saja.



Setelah dijahit, posisikan kain lapisan berada dibagian buruk kain depan. Kemudian jahit bagian atasnya lagi. Lakukan hal yang sama pada bagian belakang.

Selanjutnya, tata bagian depan dan belakang. Bagian kain yang bagus saling berhadapan. Jahit bagian bawah ketiak sampai bawah (kanan dan kiri). Bagian bawah dress juga dijahit hem.

DONE. Taraaa, Basic Maxi Dress ready to rock mameeeen.

Semoga bermanfaat untuk teman-teman.

You May Also Like

2 komentar

  1. Saya selalu pengen belajar jahit tapi kok ya ga telaten, hehe. Tapi ini kelihatan mudah dipraktekan. Terima ksh ya mba sharingnya... :)

    BalasHapus