OOTD DAN CARA MENJAHIT CELANA KULOT

by - 04.16



Hai teman teman..

Assalamualaikum Wr Wb

Bagi aku, celana kulot itu gak aku bingitz. Bukannya gak suka sih, ya kurang percaya diri aja. Memakai celana kulot barasa lebih gendut dan pendek. Kalo pendek mah bisa ya diakali dengan sepatu/ sandal hak tinggi atau wedges. Kalo gendut ngakalinnya pake apa? Perut udah dikempesin paksa pun masih aja kelihatan tu buncitnya. Aaarrgghhh.

Kebetulan aku punya celana kulot hasil barter dengan seoarang teman. Dia naksir rok aku, dan maksa buat barter dengan celana kulot yang baru dia beli di Tanah Abang. Katanya, niat awal mau beli rok/ dress, karena malu dengan konsumen yang pada milih celana kulot, akhirnya dia latah ambil kulot juga. Dan terbeli dengan sia2 dah. Akhirnya maksa barter denganku. *Bagoooosss.

Bermodalkan 2m kain kaos, dan celana kulot barteran. Aku beranikan diri deh keluar dari zona nyamanku. Celana kulot spesial ini, sengaja aku bikin model high waist. Kali aja dengan model begitu lebih terlihat slim geto kayak model2 di tipi.


Bdw lebih baik resleting di pasang di belakang. Jadi gak bejimbun di depan. Udah perut endut, tabah resleting, podo wae gak ngurangi gendut. Hikz hikz.


Celana kulot ini aku padu padankan dengan white basic tshirt 'Man Top' (lol). Buat pemanis aku pakai scraf di bagian leher (sisa kain entah dari siapa), sling bag/ Clutch dan sandal wedges 'Marie Claire'. Ouw iya Jam tangan, gak usah sebut merek yey. Soalnya gak yakin itu ori kagak, hehe.
Langsung aja ke tutornya ya.

Maaf, ada beberapa bagian yang aku susah jelasin dengan tulisan. Jadi biar lebih jelasnya lihat di youtube channelku ajah ya. Jangan lupa subscribenya. :)



BAHAN:
- 2m kain
- 1 buah celana kulot



CARA MEMBUAT:


Siapkan kain kemudian lipat 2x. Jiplak pola celana kulot. Beri garis dan gunting. Jangan lupa beri jarak jahitan.



Ambil kain celana bagian depan dan belakang. Susun bagian celana yang melengkung (kain yang bagus saling berhadapan). Bagian depan dengan bagian depan. Ukur dari atas (pinggang) sesuai dengan panjang resleting (15-20cm). Beri tanda. Jahit dari tanda tersebut sampai ke bawah.

Ambil sisa kain, buat 3 lembar gobin/ tempat resleting (maaf kalo aku salah sebut nama), panjang 15cm (sesuai dengan pangjang resleting) dan lebar 4cm. Ambil salah dua gobin, kemudian jahit bagian bawah dan 1 sisinya.


Atas: bagian kanan, bawah: bagian kiri

Jahit salah satu sisi resleting pada goubin yang barusan dijahit. Kemudian, jahit pada celana. Goubin satunya lagi dijahit pada celana bagian kiri. *Lebih jelas bisa dilihat di youtube.


Supaya lebih kokoh, jahit membentuk huruf J pada resleting celana sebelah kiri. *Lihat youtube.


Jahit bagian melengkung celana. Selanjutnya jahit setiap sisinya.
Bagian pinggang, beri 4 buah kupnat (2 depan dan 2 belakang).


Siapkan kain untuk ban pinggang. Panjang sesuai dengan lingkar pinggang celana ditambah kurleb 3cm, lebarnya 5cm. Jahit antara ban pinggang dengan pinggang celana. Kain yang bagus saling berhadapan.

Gunting sedikit, jangan sampai melewati jahitan. Kemudian tarik sisi ban pinggang ke bagian dalam celana. Tekuk sisinya, kemudian pin sampai menutupi bekas jahitan. Kemudian jahit. *Lihat youtube.


Selanjutnya pasang kancing.

Untuk bagian bawah celana memang sengaja gak aku jahit hem. Bagi kalian yang kainnya mudah mbrudul, aku sarankan tetap harus dijahit hem.

Selesaaiii... Celana kulot siyap digoyang.

Semoga bermanfaat

You May Also Like

0 komentar