TIPS MEMPERLANCAR BAB versi MIFTHA KAJE

by - 03.05

 Hai semuaa.. Assalamualaikum..

Wokeee... Mumpung sedang rajin menulis. Aku mau berbagi caraku untuk memperbaiki pencernaan dan memperlancar BABku. Cerita dulu yaaak.. Jadi begini.....

Aku punya masalah dengan pencernaan yang bikin aku susah dan jarang BAB. Pernah rekor dalam sebulan aku BAB cuma 2x (saat pulang kampung, padahal pulkamnya cuma 1 minggu) . Setiap kali BAB (maaf) fasesnya selalu yang gak sehat. Pasti diare atau keras banget kayak (maaf) kotoran kambing. Jadi aku belum pernah ngerasain fases yang sehat tu gimana. Ada kan ya jenis fases yang sehat dan yg gak sehat. Naaah karena sering 'ngeden' saat BAB jadi timbul wasir.

Itu cerita dulu, sekarang alhamdulillah sering BAB meskipun gak selalu setiap hari. Kadang setiap hari, kadang 2 hari sekali, kadang 3 hari sekali, malah pernah juga sehari sampai 3x BAB kalo makanku lagi banyak-banyaknya. Yang penting pencernaan lancar dan BABpun mudah.

Bdw, aku nulis ini sambil ngemil tape goreng loh.. Wkkkk.. *aku ra jijik'an kog orangnya.. :D

Ini nih jurus jitu andalan ku.. Cuma 3 doank kog, gak usah banyak-banyak. ;) 


MENGGANTI KARBOHIDRAT NASI DENGAN KARBOHIDRAT LAIN
Sudah hampir 2 tahun aku gak makan nasi. Gak 100% sih. Ada di saat tertentu aku tetap makan nasi. Saat pulang kampung, atau berpergian, dan ada menu makanan tertentu yang wajib and kudu pakai nasi, misalnya Nasi Padang.. Waaaa.. Ini gak bisa tergantikan. Apalah artinya Nasi Padang jika tanpa nasi. Jangan sia-siakan nikmat dunia ini. >_<

Tahun pertama, mengganti nasi dengan ubi-ubian, atau olahan mie, atau jagung. Kalau kalian tanya, "apakah enak?". Tentu donk tidak senikmat nasi. Alhamdulillah-nya, aku bukan tipe yang makan harus dengan nasi. Sudah dari kecil aku memang radak sensi sama nasi. Jadi menjalani hidup tanpa nasi gak jadi masalah buatku. Lancar jaya bosque.

Beras analog jagung

Masuk tahun kedua, aku ganti dengan beras analog atau beras mocaf. Ini adalah ubi-ubian atau jagung yang dicetek sedemikian rupa sehingga menyerupai beras. Seratnya gak kalah dengan beras merah. Selisih tipis-tipis lah. Dan jelas lebih menyehatkan daripada beras biasa, bahkan beras ini cocok untuk penderita lambung dan diabetes. More info bisa search aja di google dengan kata kunci 'beras analog' atau 'beras mocaf'.

Tips nih buat kalian yang mau mencoba langkah ini padahal kalian adalah pecinta nasi. Lakukan makan pengganti nasi secara pelan-pelan. Untuk pertamakali, kalian bisa melakukan kayak puasa senin kamis. Setiap hari Senin dan Kamis kalian gak makan nasi. Kalau sudah terbiasa, lebih diperketat lagi. Mungkin bisa kayak puasa Daud gitu. Jadi sehari makan nasi, sehari makan pengganti nasi. Kalau sudah dirasa lebih terbiasa, bisa dilakukan dari hari Senin sampai Jumat. Untuk weekend adalah hari cheating.

Perlu diketahui, aku bukan pengikut makanan sehat yang ekstrim yak. Aku masih makan micin, *yeeaaahh.. I love micin so much. Aku masih suka jajan gorengan. Tapi ingat, semua yang berlebihan hasilnya pasti gak bagus. Kekuranganpun juga gak bagus buat kesehatan. Yang tahu badan kalian adalah kalian sendiri. Belum tentu cara sehatnya orang lain akan sehat di badan kalian juga. So JANGAN BERLEBIHAN DAN JANGAN KEKURANGAN yak. ;)

Jurus selanjutnya adalah....

MINUM MINUMAN BER-FERMENTASI
Minuman fermentasi andalanku adalah tepache. Terbuat dari fermentasi buah nanas. Aku rutin bikin tepache. *Yup.. bikin sendiri, biar ngirit >_<.  Kalau aku, buatnya dari kulit nanas.. Daging nanasanya enak dimakan langsung, eman-eman kalau dibikin tepache juga. Rasanya dominan asam. Berhubung aku pecinta asam, so gak masalah minum ini. Minumnya sih bebas mau kapan aja. Kadang, kalau lagi cuaca panas-panasnya, penyegarnya ya tepache. Dapat info dari teman, lebih bagus jika diminum setelah atau sebelum sarapan.

Proses pembuatan tepache

Bagi yang punya penyakit asam lambung. Dari pengalamanku sih aman. Malah semenjak rutin minum ini dan poin pertama juga poin selanjutnya, asam lambungku jarang kambuh. Kalaupun kambuh, ya bisa ditahan lah. Gak sampai kesakitan banget. Dulu kalau asam lambungku kumat, bisa loh aku gak kuat jalan, berdiripun harus bungkuk.

Naaahh.. Kalau kalian ingin mencoba tepache, next aku mau tuliskan gimana cara membuatnya.  Jika kalian gak suka dengan rasanya, bisa kalian ganti dengan yoghurt. Dari pengalamanku, efeknya lebih ngaruh tepache daripada yoghurt.

Tepache siap untuk fermentasi

RUTIN OLAHRAGA
Setiap hari Senin sampai Jumat aku rutin olahraga minimal 1 jam. Kebetulan aku sengaja jadi member salah satu tempat gym. Karena seru dan banyak teman, saking semangatnya bisa-bisa minimal 2 jam olahraga perhari, tapi tergantung keadaan tubuhku gimana. Kalau lagi merasa kurang sehat atau kurang gizi ya cukuplah 1 jam atau malah absen dulu. Tapi kalau absen karena alesan gak jelas kayak malas, hmmmm... menyesal kemudian, "kenapa tadi gak olahraga siihh?!!"

Persiapan yoga, cekrek dulu.. Matras pink punya saya.

Gowes gowess.. Pokoknya harus narsis dulu. Hehe

Tapiiiiiiii... Semenjak Corona masuk Indonesia, dengan terpaksa resign dari tempat Gym. Karena masih belum berani olahraga di dalam ruangan, rame-rame pulak. Yaaa... meskipun tempat Gymnya menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, tapi rasa tidak percaya dengan kesehatan oranglain ini masih menguasai pikiranku. Jadi... selama di rumah aja, aku cuma olahraga random dari youtube yang berdurasi 30 menit sampai 1 jam. Karena sudah terbiasa olahraga rame-rame, tiba-tiba sendiarian dan di rumah pula, jadi akunya cepat bosen dan ngos-ngosan. So olahraga 10 menitpun jadi (ini yang lebih sering terjadi padaku >.<).

Itulah jurus-jurus andalanku. Cuma 3 jurus ini lah yang membuat pencernaanku lebih baik. Efeknya selain BAB lebih lancar, asam lambungku jarang kambuh. Misal kambuhpun tipis-tipis doank, gak separah biasanya yang sakitnya sampe bikin susah jalan dan harus bungkuk. Ouw iya, itu semua harus dilakukan semuanya loh, kalau skip 1 jurus, efeknya gak maksimal. 3 jurus di atas saling berkesinambungan, kayak Yin dan Yang :D.

Hayooo... kalian sudah merasa susah duluan di jurus keberapa? Hmmmm.. pasti kebanyakan pada jurus ke-1 dan ke-3 yak?.  Gakpapa, jalanian aja dulu sebisanya. Semuanya butuh proses. Atau kalian punya cara versi kalian sendiri?. It's okay.. caraku ini mungkin belum tentu efekif di tubuh kalian.

Soo.. Stay Save and Stay Healthy..

You May Also Like

0 komentar