STEAK TEMPE DENGAN SAUS LADA HITAM

by - 02.45

mifthakaje.blogspot.co.id/2017/01/steak-tempe-dengan-saus-lada-hitam.html?m=1

Hai teman..

Beberapa hari yang lalu, salah satu teman FBku ngeshare resep steak tempe hasil eksperimennya. Dari fotonya sih kliatan menarik dan menggoda. Gak kliatan kalo itu dari tempe. Tertariklah aku untuk mencobanya. Resep hasil dari kira-kira aku aja. Males juga sih masak sambil clinguk2 nyontek resep. Eeiiitss... Bukan sok-sokan ahli masak loh ini. Entah kenapa, setelah pindah di Bintaro sini, hasrat bereksperimen di dapur menyusut. Masakan keseharianpun bisa dibilang itu-itu melulu, lodeh, bening, sop, tumis2an, balik lagi ke lodeh, bening, dst. Kalo lauknya juga itu melulu, ikan goreng, ayam goreng, pokoknya mah pake bumbu goreng. 

Padahal nih, setiap kali buka instagram, banyak temenku yang memamerkan hasil eksperimen masakannya setiap hari. Dan entah kenapa aku gak tergoda sama sekali untuk ikut2 bereksperimen. Duh duuuhh..

Naaahh... Kali ini beda. Aku tertarik bereksperimen kembali karena penasaran. Tempe dibikin steak? Kekmana tuh rasanya?. Mayoritas pada bilang enak. Liat hasil jepretannyapun bikin nambah penasaran. Selain penasaran, efek murah juga menjadi alesan. Tempe cuiiiinnn... Murce murce murcee, kecuali kalo belinya di supermarket, mehong itu mah. Coba kalo itu bukan steak tempe, misal nih steak iga sapi. Hmmmm... Gak perlu ditanya lagi donk, udah jelas enak. Tapi aku gak bakal mupeng. Mehoong euy. Mana ada iga sapi yang murce. Misal ada yang murah, kualitasnya kurang bagus. Mahasiswa euy mahasiswaaa.. Hahaha... Aslinya mah akunya yang pelit. Pelit pangkal kaya.

mifthakaje.blogspot.co.id/2017/01/steak-tempe-dengan-saus-lada-hitam.html?m=1

Setelah steak tempe ready to eat. Aku cobain sesuap. Kog menurutku kurang enak yak. Masih enakan tempe mendoan. Sumpah, tempe mendoan mah juwaranya tempe. Ini akunya yang salah ilmu kira-kira, atau memang kek gini rasanya?. Aneh menurutku. Apa gara2 karena tempe gak dikukus dulu?. Atau karena kurang telur?. Atau kurang banyak ngasih bumbunya? Atau bulet2in tempenya ketebalan?. Duh eehh...

Bagi yang penasaran kayak aku, boleh lah ya untuk dicoba. Kali aja steak tempe buatan kalian enak. Gak kayak steak tempe bikinanku. Amit amit dah yaa.. Hehehe.

mifthakaje.blogspot.co.id/2017/01/steak-tempe-dengan-saus-lada-hitam.html?m=1

STEAK TEMPE SAUS LADA HITAM

BAHAN:

Olahan tempe (Resep by myself)
- 1 bungkus tempe, 250 gr mungkin ya, haluskan.
- 4 siung bawang putih, haluskan
- 1 sdt merica butiran, haluskan
- garam secukupnya
- kaldu bubuk instan, opsional
- 1/2 butir pala, haluskan
- 1 butir telur, kocok lepas

Taburan tepung: 5 sdm tepung terigu serba guna, 2 sdm tepung maizena, 1/2 sdt lada bubuk, dan garam secukupnya.

SAUS LADA HITAM (resep by JTT):
- 1 sdm margarin
- 1/2 butir bawang bombay, iris panjang
- 2 siung bawang putih, cincang halus
- 1 sdt merica hitam, tumbuk kasar
- 2 sdm saus tomat
- 1sdm kecap manis
- 1 sdm saus tiram
- 1 sdt gula pasir
- garam secukupnya
- 300 ml air kaldu, aku pake air biasa
- 2 sdm maizena larutkan dengan sedikit air

CARA MEMBUAT:
TEMPE: campur semua bahan tempe sampai rata. Incip dengan cara buat butiran kecil, kemudian goreng sampe matang. Kalo rasa sudah pas. Bentuk adonan tempe berupa bulatan pipih.

mifthakaje.blogspot.co.id/2017/01/steak-tempe-dengan-saus-lada-hitam.html?m=1

Di wadah yang berbeda. Campur bahan tepung. Aduk rata. Kemudian lumuri bulatan tempe dengan adonan tepung secara merata.

Panaskan minyak goreng di penggorengan. Goreng tempe yang sudah dilumuri tepung sampai matang. Tiriskan.

mifthakaje.blogspot.co.id/2017/01/steak-tempe-dengan-saus-lada-hitam.html?m=1

mifthakaje.blogspot.co.id/2017/01/steak-tempe-dengan-saus-lada-hitam.html?m=1

Saus lada hitam: tumis bawang putih dan bombay sampai harum. Masukkan air kaldu/ air biasa. Bumbui dengan saus tomat, saus tiram, kecap manis, garam, lada, dan gula pasir. Masak sampai matang. Jangan lupa mencicipi. Kalo rasa sudah pas. Tuangkan larutan maizena. Aduk mpe saus agak kental. Matikan api kompor. Sajikan bersama steak tempe dan mix vegetable.

Selamat mencoba teman. ☺

You May Also Like

38 komentar

  1. Langsung pengen praktek kak :D kelihatannya mudah hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mbak fika.. Semoga berhasil dan enak yaa.. 😊

      Hapus
  2. Patut dicoba nie mbak, soalnya bingung tempe mau diapain lagi, maklum anak kos :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tempe superheronya anak kos ya mbk yelli.. Hehehe...
      Selamat mencoba.. Semoga berhasil dan enak... 😊

      Hapus
  3. aku suka banget tempe mbak...must have item itu tiap hari harus ada tempe ditempatku...belum pernah bikin steak tempe..bs dicoba nih kapan2 biar ndak bosen ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waa.. Gak bosen itu mbak setiap hari makan tempe.. Saya mah tetel tempe mendoan paling favorit. Tp gak setiap hari.. Hehe..

      Hapus
  4. Halo mba Mifta postnya membantu banget mba! pasti aku praktekin karena aku emg lagi nyari-nyari masakan vegetarian pengganti daging. Semoga buatanku enak dan sukses hehe

    Salam kenal mba Miftha ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa... Hebat.. Mbak andi vegetarian ya.. Kalo saya mah gak bisa hidup tanpa daging dan ikan2.. Hehe...
      Selamat mencoba mbak.. Semoga enak ya... 😊

      Hapus
  5. Ini udh lama pengen aku coba, sejak ada 1 blogger yg pernah share resepnya juga. :D. Sbnrnya aku mah ama tempe mau digoreng biasa jg doyan mbak, tp suami ama anak nih yg susah bener. Makanya kdg pgn dikreasiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dah menyangkut suami dan anak mah aku gak banyak komentar.. Hehehe... Bikin seporsi aja mak.. Tapi gak seru ya kalo makannya beda sendiri..

      Hapus
  6. wah bikinnya cukup gampang, makasih ya resepnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak.. Sama sama.. Selamat mencoba..

      Hapus
    2. Iya mak.. Sama sama.. Selamat mencoba..

      Hapus
  7. Steak tempe saya belum pernah nyoba ini, baru saus lada hitamnya 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lanjutkaaann maak.. Steak bikinan mak Nita pasti lebih enak... *aku mah apa atuh.. 😁

      Hapus
    2. Lanjutkaaann maak.. Steak bikinan mak Nita pasti lebih enak... *aku mah apa atuh.. 😁

      Hapus
  8. Kayanya steak tempe nya kalo di buat utk burger juga enak ya. Krn bentuknya sudah bulat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mbak.. Selamat berkreasi.. 😊

      Hapus
    2. Bisa mbak.. Selamat berkreasi.. 😊

      Hapus
  9. ya ampyuuunnn ngiler aku mbak. pengen nyobain ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mbaaakk... Daripada ngiler loh.. Hehe..
      Pasti bikinan mbak lebih enak..
      Selamat memasak..

      Hapus
  10. Wah saus lada hitamnya dari resep JTT, pasti enaknya paten nih.. Hihi, soalnya aku kalau cari inspirasi masak suka kesana sih 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resep di JTT mah anti gagal ya mbak.. Syelalu enaakk.. Saya belajar masak ya dari jtt.. Dari awal nikah nyontek resepnya jtt.. Ternyata kita fans clubnya jtt.. Hihihi... Sama diahdidi kitchen mbak.. Itu juga enak2 resepnya..

      Hapus
  11. Dohh! Kayaknya enak yaaa. Nyam nyaam. Tempe sih emang juara banget. Diapain aja enak. Mendoan, bacem, balado. Uh. Mana murah meriah lagi ya. Andalan anak kost banget deh si tem tem :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bethul mbak.. Menu yang cocok di tanggal tua.. Atau pas kalo pelitnya kumat.. 😄😄

      Hapus
  12. Tetep tradisional namun ala modern. siap praktek mba!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mbaakm... Pasti bikinannya mbak whella lebih enak.. Selamat mencoba..

      Hapus
  13. tadi bikin ini..dan rasanya enak ya..tapi ga pake saus lada hitam heehheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waa... Berhasil berhasil horee.. Kemaren temenku juga ada yg udah praktek ni masakan.. Hasilnya enak juga.. Berarti aku yang belom pinter masak.. Aku ra popo... 😆

      Hapus
  14. Ulala.. kebayang enaknyaaa :*

    BalasHapus
  15. Balasan
    1. Makanan memang selalu bikin ngiler ya.. Hehe

      Hapus
  16. Sweeedaaaap. Aku bookmark mbak..

    BalasHapus
  17. Simpeen duluuu ah resepnyaa. Pernah makan steak tempee tp belum pernah bikin sendiri. Hehehe thank you sharingnyaa :D

    BalasHapus
  18. Sepertinya enak nih mba, aku mau nyoba ah. Makasih mba resepnya :D

    BalasHapus
  19. Ngiler aku jadinya, pagi2 ini lihat postingan n foto2nya menggoda selera. Ga nyangka deh tempe jd keren gini.

    BalasHapus