TIPS NAIK KERETA API EKONOMI

by - 02.10


Hai Teman..

Assalamualaikum Wr Wb

Kurang lebih udah 1 bulan aku berada di kampung halaman. Karena ada suatu alasan yang mengharuskan aku harus berada di kampung dan LDMan dengan Pak Lelaki Surga. Gak terasa, besok saatnya aku meninggalkan kampung halaman. Meninggalkan keluarga tercinta terutama orangtua tepat di hari Ibu. Huft.. Kalo sudah meninggalkan begini rasanya gimana geto. Tapi seneng juga karena bisa berkumpul kembali dengan Pak Lelaki Surga di kota perantauan. Apa lagi ditambah iming-iming mau beli mesin cuci baru. Arrrrrgghh... ADEK GALAU BAAANG....

Gak tega rasanya meninggalkan orangtua khususnya ibu dengan raut wajah yang sedih dan penuh kekhawatiran. Apalagi anak perempuan satu-satunya kembali ke perantauan dengan kereta api dan seorang diri. Yang jelas bertambahlah kekhawatiran Mbokku tersayang. "Tenang Mbok, anakmu ini pandai berteriak. Kalo ada yang macam-macam pas di kereta. Berarti tu orang minta mati dikeroyok massa". Ebusyet daaaahhhh... Ngeri amat.


Besok adalah kali keduanya aku naek kereta api seorang diri. Kalo inget pengalaman pertama kemaren, duuuuhhh... sampe "mbrebes mili". Pikiran udah negative thinking semua. Ditambah 'teman sebangku' cowok-cowok semua. Baru kali ini loh aku merasa takut diantara sarang penyamun. Eeee... ternyata cuma pemikiranku saja. Alhamdulillah aku selamat sampe tujuan. Yeeeeeeyyy.


Buat teman-teman yang baru mengalami atau akan berencana naek kereta api sendirian. Jangan khawatir. Kereta jaman sekarang udah berbeda jauh daripada kereta tempoe doeloe, *katanya sih begeto. Insyaallah aman jaya. Ada polisi kereta yang rutin mengecek keadaan setiap gerbong kereta. Kalo terjadi apa-apa tinggal bilang aja ma Pak Polisinya atau tinggal call/SMS layanan custemer yang tertempel di setiap gerbong. Bdw Pak Polisi upsss Mas Polisi keretanya ganteng cuy (kalo anda beruntung). Kalo lewat jangan berkedip yak. Kalo perlu sapalah, "Mas Polisi, mau donk hatiku dijagain". *Eiyaaa eiyaaa... >,<

Perhatikan di pojokan (yang saya kasih tanda panah) itu nomer layanan penumpang.

Sebenarnya apa sih yang harus dipersiapkan untuk menghadapi pengalaman pertama naik kereta api seorang diri. "Please, dont be panic". Aku akan bantu teman-teman untuk mengurangi kepanikan kalian. Naek kereta api gak seekstream yang kalian bayangkan. Kalo ada orang yang cerita 'keangkeran' kereta api, anggap saja itu buat berjaga-jaga aja. Kalau sampai terjadi suatu hal yang negatif, kita bisa langsung mengambil sikap.




Siapkan Tiket Kereta
Jaman sekarang jaman digital. Pesan tiket kereta apipun bisa melalu gadget kalian masing-masng. Banyak kug aplikasi yang menawarkan jasa pembelian tiket kereta api, misalnya tokped, trapeloka, pergipergi, dll. Bahkan sekarang bisa milih kursinya langsung. Jadi jangan khawatir kalo gak kebagian tempat duduk. Bayarnya bisa via ATM atau di toko-toko ritel seperti alpamaret, indosemaret, dll. Kalau udah pesan tiketnya, biasanya langsung dapat e-ticketing. Nanti kalo udah sampai di stasiunnya bisa langsung di cetak di mesin cetak, tinggal ketik No booking tiket dan keluar deh tiketnya. Ouw iya, jangan sampai terlambat datang ke stasiun. Usahakan maksimal 1 jam sebelum keberangkatan udah ready di stasiun. Supaya gak terjadi ketinggalan kereta, sayang duitnya doooonk. Pastikan nama yang tertera pada tiket sama dengan nama yang di KTP atau tanda pengenal. Tiket jangan sampai hilang sebelum sampai tujuan. Buat jaga-jaga aja kalo terjadi sesuatu di tengah perjalanan, misalkan pemeriksaan tiket oleh petugas kereta api bersama Mas Polisinya yang ganteng itu tuuuuh.


Bawalah Cemilan dan Minuman
Meskipun naek kereta kelas ekonomi, tapi urusan makanan yang dijual di kereta api mehong cuiin. Mending bawa makanan dari rumah daripada harus bayar 35ribu cuma dapet nasi goreng, telor ceplok, paha bawah ayam, kerupuk, dan saus sambal. Atau sebelum sampai di stasiun mampir ke toko dulu beli cemilan-cemilan dan minuman. Gak papa lah ya nambah barang bawaannya. Daripada gak efisien biaya mending milih capek dulu deh. Lagi pula sampai di kereta tinggal duduk manis kog. Jangan lupa nawarin Mas polisinya kalo lewat. Hehehe.

Bawa Bantal dan Selimut
Bantal dan selimut hal yang penting loh. kelas ekonomi sekarang full AC. Bakal dingin banget, apalagi kalo malam rawan menggigil kedingan. Paling gak bawa jaket yang agak tebal. Kalo andalanku sih cardigan dan syal. Soalnya aku gak punya jaket tebal. Aku bukan pecinta jaket sih. Bantal juga jangan lupa di bawa. Paling gak bantal leher itu. Lumayan loh buat sandaran kepala kalo pas lagi ngantuk. Bagi yang kelupaan membawa, di kereta juga menaawarkan jasa bantal. Aku lupa berapaan. Hasil ngupingku kemaren sih kayaknya sekitaran 7 ribu. Kalo mau lebih efisien lagi, tips tambahan nih. Pilih tempat duduk yang deket jendela. Datang lebih awal. Biasanya di jendela ada gordynnya. Geser gordyn di arah tempat dudukmu. Kalo kepalamu ingin bersandar, tinggal rapikan gordyn seauai lipatannya. Trz bersandarlah di atas gordyn. Lumayan empuk lah yak.


Datanglah Lebih Awal
Kenapa harus datang lebiha awal?. Hmmmm... Kalo naek kereta ada berbagai macam alasan harus datang lebih awal selain supaya tidak ketinggalan kereta. Pertama, bisa memilih tempat duduk. Meskipun kita sebelumnya sudah memilih tempat duduk pada saat booking tiket, gak jarang orang lain bisa salah ambil tempat duduk bahkan salah masuk gerbong. Masalah selanjutnya adalah rebutan bagasi yang di cabin. Berhubung bagasi terbatas, bisa2 kita gak dapat bagasi kalo gak datang lebih awal. Ada beberapa penumpang yang membawa tas atau koper gak hanya cuma 1. Kalo dah bawa banyak pasti butuh bagasi lebih banyak, bisa2 bagasi jatah kita dipakai oleh mereka. Bahkan ada juga yang duduknya di nomer berapa, eeee tas/kopernya ada di sono noh.


Jangan Malu Bertanya
Pastikan sebelum memasuki gerbong kereta harap nyamperin petugas kereta yang berjaga di depan pintu gerbong kereta buat memastikan aja. "Permisi Pak, benar kereta ini jurusan pasar senen Jakarta?". Atau langsung nunjukin tiket ke petugas. Nanti petugasnya yang akan mengarahkan harus di kereta mana, dan gerbong man. Kalo udah pasti benar, langsung masuk aja. Perhatikan nomor gerbong kereta dan Nomer kursi yang tertera pada tiket, jangan sampe salah duduk di kursi penumpang yang lainnya. Setiap gerbong memiliki penomoran yang sama, cuma beda gerbong aja. Jadi pantengin Nomor gerbongnya dulu baru nomor kursinya. Kemaren aku sering mendapati orang-orang yang salah gerbong dan salah kursi. Jadi tolong diperhatikan yak.

Pergunakan Kursi Kosong Jika Ada
Naaahh.. ini surganya kalo naek kereta. Secara tempat duduk yang lumayan berhimpitan bikin pegel kaki karena harus dalam keadaan nekuk. Jadi kalo salah satu tempat duduk yang di area kita kosong satuuuu aja, bisa mengurangi rasa pegel di kaki. Karena space antar kaki jadi agak longgar. So kaki isa miring sana miring sini. Atau kalo kereta lagi sepi, bisa tuh cari tempat duduk kosong bahkan sampai di gerbong yang lain. Gunakan bangku kosong sebaik mungkin. Lumayanlah bisa selonjorin kaki. Pastikan kalo mau selonjoran harap untuk melepas sepatu/sandal yak.


Enjoying Yourself
Berhubung naek kereta tu lebih lama daripada pesawat, so kemungkinan besar kita bisa merasa bosan. Naah.. kalo dah bosan geto kita harus nyari hiburan sendiri. Bisa jalan2 menyusuri gerbong sekalian ngelurisin kaki, baca buku, atau yang lagi ngehitz kids jaman now yang suka maenan hape. Ngegame lah, dengerin mp3 lah, dll. Kalo maen hape jangan khawatir kehabisan batrei. Karena di setiap tempat duduk ada kog colokan. Jadi jangan lupa yak bawa charger. Kalo sampai kelupaan, kelar hidup eluu.


Sooo.. semoga tips di atas bisa memperjelas bayangan kalian yang akan berpergian dengan kereta api untuk pertama kalian. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

7 komentar

  1. makasih tipsnay, sekarang ada ekonomi yang rasa eksekutif dg tempat duduk spt eksekutif tp gak bisa diatur ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tempat duduknya bisa diatur mbak.. cuma penumpangnya itu yang kadang ada yang salah masuk gerbong.. biasanya yang sering salah itu orang tua atau orang yg baru pertama kali naik kereta..

      Hapus
  2. walau kelas ekonomi tapi sekarang udah nyaman ya, sama kayak kelas eksekutif, aku udah bertahun-tahun ga naik kereta nih, terakhir naik jaman ayam dan mbek masih ikut di kelas ekonomi hahahaaa makanya kapok, ga kuat sama aromanya huhuhuhuu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ebusyeeett.. segerbong ma embek.. gak kebayang.. hehhehe...

      Hapus
  3. Kereta ekonomi pakai AC ya? kirain angin dari jendela aja. Trus kok nggak ditertibkan gitu sih penumpang sesuai nomor tempat duduk dan gerbongnya? Emang beli tiket nggak tertera nomor gerbong dan tempat duduknya sehingga bisa suka-suka gitu pilih tempat duduk? Kalau bingung kan bisa nanya petugas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditertibin kog mbak.. biasanya nanti adavpetugas yang ngecek2 penumpang.. kalo ada yang salah tmpt duduk langsung di tegur..

      Di tiket sudah tertera nomer gerbong dn tmpt duduk.. cuma penumpangnya aja yang terkadang masih kurang teliti.. biasanya yang selama ini aku perhatikan, yg masih salah itu orang tua atau orang yang baru pertama kali naik kereta..

      Menurutku yang kurang tertib itu ya bagasinya..

      Hapus
  4. So far kereta mah walau kelas ekonomi juga udah jauh lebih nyaman. Kalau naiknya pagi, saya lebih milih naik ekonomi aja. Kalau malam, apalagi pas waktu itu sendirian, pilih yang bisnis, biar bisa tidur nyaman.

    BalasHapus