RESEP SATE KERE (Malam ini Tak Sesejuk Hatiku)

by - 22.14

Hai Teman, Assalamualaikum Wr Wb

Malam ini angin bertiup lumayan kencang dan sejuk. Setelah beberapa hari yang lalu cuaca begitu gerahnya, akhirnya sore tadi hujanpun tiba dan meninggalkan kesejukan.

Entah kenapa, tiba2 hati ini terasa bersedih. Apa karena aku gagal beli hape baru gara2 ternyata perawatan mesin si Maestro melebihi budget 3x lipat. Atau karena kuota internet yang sering habis gara-gara aku pake kuota "turahane" pak Lelaki Surga. Jadi aku sering mati gaya di rumah tanpa internet dan sendirian. Atau homesick melanda, kangen ibu, ayah, dan kedua adikku. Atau hanya sekedar hormonalku yang kurang stabil karena sedang PMS. Atau karena akhir-akhir ini aku terima orderan jahitan untuk balita, yang bikin gemesh sendiri. Menimbulkan rasa sedikit iri dan bertanya-tanya "kapan aku jahitin baju anak untuk anakku sendiri?". Haisshhh entahlah..

Dariada bersedih hati yang bikin galon, upsss galau. Mendingan aku nulis aja lah yaa. Kali ini resep masakan. Sepertinya, aku lebih cocok untuk nulis resep masakan deh. Apa blog ini aku fokusin tentang masakan aja yak? Soalnya kalo masak pastinya setiap hari. Jadi selalu ada tema untuk nulis. Aku ngerasa cocok aja nulis tentang masakan, feelnya beda gitu. *hlaahh.. Kog malah tambah galau.


Ini masakan udah lamaaaaa bingitz. Udah dari tahun baru kemaren. Gak sengaja sih nemu fotonya nonggrok di galeri hape. Ceritanya waktu itu lagi bikin party kecil-kecilan menyambut tahun baru 2017 bareng tetangga. Namanya akhir bulan tahun, ihnilfulus donk yak. Jadi bikin yang murah meriah tapi bisa untuk bakar2an. Akhirnya aku memberanikan diri untuk bikin sate kere. Sate kere setahuku berasal dari Solo. Kere diartikan sebagai miskin, jadi sate miskin. Kenapa kere? Karena terbuat dari tempe gembus yang dipotong kecil2. Mungkin jaman dulu sate ayam, sate kambing, dan sejenisnya harganya mahal, jadi hanya untuk kalangan ningrat. Yang miskin2 mau donk ngerasain sate. Terciptalah sate kere ini. Tapi jangan salah, sate kere adalah salah satu makanan favoritku. Sayangnya di Solo sekarang udah susah menemukan penjual sate kere. Sebelum menikah, aku ada langganan sate kere di daerah Pengging, Boyolala, eh.. Boyolali. Gak tau deh sekarang masih jualan gak. Semoga panjang umur buat mbah penjual sate kere langgananku.. Aamiin.

Sempet minder bawa sate kere diantara orang2 kota yang gak mengenal sate kere. Secara tempe gembus getoh. Yang lain pada bawa ayam bakar dan ikan bakar. Gak yakin kalo tetangga pada suka. Alhamdulillah di luar ekspektasiku. Semuanya pada suka, bahkan anak2pun juga pada nambah sate kere. Alhasil pada protes karena bikin sate kere kurang banyak. Bahkan ada yang request untuk dibawa pulang. Alhamdulillah ludes bersiiihhh.

Cara membuatnya juga gampang. Tempe gembusnya dimasak pake bumbu bacem mpe meresap, kemudian tusuk2, terus bakar deh di teflon. Lebih enak bakar pake arang, ada aroma gosyong2 gimana gituh. Kuahnya pake kuah kacang yang kayak di sate madura tuh. Gampang kaann...

Bdw sate kere ini gak dari tempe gembus doank loh ya. Bisa kog pake tempe kedelai. Menurutku sih lebih enakan tempe gembus, karena bumbu lebih meresap. Bagi teman2 yang belom pernah tau tentang sate kere. Bisa lah yaaa dibikin di rumah. Apalagi yang punya anak2, bisa juga dibuat sebagai cemilan sehat. Selamat mencobaaa...


SATE KERE
(Resep by myself)

Bahan BACEM:
- 3 papan tempe gembus, mungkin ukuran 4x4 cm. Potong dadu (tipis) atau pipih memanjang
- 1 ruas lengkuas, geprek
- 3 lembar daun salam
- 1 liter air (lebih enak pake air kelapa), kalo kurang meresap bisa ditambah lagi
- 75-100gr gula merah
- 1/2 sdm gula pasir (penyeimbang rasa)
- 50ml air asam jawa agak kental
- garam secukupnya
- kecap manis kurleb 4 sdm

Bahan yang dihaluskan:
- 5 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1 sdm ketumbar butiran, sangrai
- 1/2 sdt jinten, sangrai

Pelengkap: Tusuk sate secukupnya, irisan cabe rawit, irisan bawang merah.

Cara Membuat:
Rebus semua bahan. Masak mpe air menyusut menggunakan api kecil dengan panci ditutup. Kalo dirasa kurang meresap bisa ditambah air lagi.


Tusuk tempe bacem dengan tusuk sate. Panggang di teflon atau dibakar di atas arang. Sisihkan.


Bahan Kuah Kacang:
- 1 genggam kacang tanah, goreng kemudian haluskan
- 3 siung bawang putih, haluskan
- 5 buah cabe merah, haluskan
- 5 buah cabe rawit (sesuai selera), haluskan
- kecap manis secukupnya
- garam, dan gula pasir secukupnya
- 2 sdm air asam jawa
- 500ml air
- 2 sdm larutan tepung maizena

Cara Membuat:
Rebus semua bahan kecuali larutan maizena mpe matang. Jangan lupa untuk incip2. Kalo rasa sudah pas bisa langsung tuangkan larutan maizena. Masak dan aduk mpe mengental. Matikan api kompor.

Cara menyajikan: siram sate dengan kuah kacang. Taburi irisan cabe rawit dan bawang merah. Siap hidangkan dengan nasi putih atau lontong.


You May Also Like

8 komentar

  1. Aku sukaaaa sate kere ini. Nyobain pertamakali di solo, diajak mama mertua.. Namanya sate kere yu rebi.. Tp seingetku dulu, dagingnya jeroan mba, bukan tempe gembus.. Malah baru tau kalo bisa tempe gembus juga.. Pgn coba bikin ihhh jdinya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak.. Sate kere yu rebi emang lumayan terkenal.. Pernah masuk tv deh kalo gak salah.. Dulu pernah dicritain mbah penjual sate kere langgananku itu, awal mulanya sate kere dari tempe gembus.. Kemudian merambah ke jerohan tapi tetep dengan porsi kecil2.. Hehehe.. Memang Lebih endes pake jerohan mbak..

      Hapus
  2. Aku baru tahu sate kere ini mba, harus nyobain neh bikinnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus mbak.. Harusss... Selamat mencoba..

      Hapus
  3. Aku belum pernah nyobain mba. Kirain sate kare, eh taunya sate kere.. Dari fotonya bikin ngiler, kalo seandainya aku jago masak kaya mba..udah nyoba bikin deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi... Jangan kepleset yaa mbak.. Dulu aku juga gak jago masak mbak.. Setelah nikah terpaksa masak deh..

      Hapus
  4. Tempe dipanggang apalagi pakai bumbu sate ayam, pastinya enak ini. Saya nggak tau yang namanya tempe gembus, haha... Kirain tempe itu cuma sejenis aja.

    BalasHapus
  5. Enak mbak.. Apalagi tempe gembus ini sifatnya menyerap air, jadi pas dimakan ada sensasi juicy nya.. Muantaaaph..

    Sayangnya disetiap daerah belum tentu ada tempe gembus..

    BalasHapus