DIY PPROJECT: SIMPLE CARDIGAN DARI PASMINA USANG

by - 07.51


Hai Teman.

Kita oprak aprik isi lemari lagi yoook..... Kemaren aku nemu setumpuk pasmina yang usang dan gak mau tak pake lagi. Kenapa?hmmm... Karena aku gak nyaman pakai itu. Biasalah cewek, laper mata euy. Lebaran 2 tahun yang lalu, aku borong pasmina lumayan banyak. Gara-gara temenku si Idul. Dia ngajakin aku ke toko pakaian muslim murce di Solo. Sumpeh.. bener-bener  murce euy. Cewek kalo dah ketemu barang murce tau sendiri donk gimana kalapnya.

Ya karena kalapnya itu tuh, tanpa sadar apa yang terlihat bagus langsung bayar. Nyampe rumah baru sadar ternyata ada beberapa yang gak cocok ama kulitku yang sensitif ini. Akhirnya yaa nonggrok di lemari. Rencana mau kulungsurin ke sanak saudara. Tapi rencana tinggal rencana. Selalu kelupaan sih. Pas mau ketemu target lungsuran, eeeeee barangnya gak tak bawa. Yowis tho.. numpuklah itu di pojokan lemari.

Salah satu yang agak eman-eman untuk kulungsurin, pasmina yang jenis ini nih. Kainnya tebel, kayak rajutan geto. Terus ni kain sensitif kalo ketemu peniti. Pasti ninggalin jejak bolong. Teruz kulitku ternyata gak cocok ama jenis kain seperti ini,  sekujur leherku pada gatel. Daripada Cuma nonggrok di lemari, ya mending didaur ulang saja yak. Kali ini jadi outter. Kalo dibikin luaran kan gak nempel ke kulit, bisa diakalin lah yaaa. Ouw iya, aku bikinnya gak pake pola. Langsung bikin garis di kain, potong, jahit. Jadi dah.

Yuk mari kita mulai saja. Bdw aku gak sempet foto pasminanya secara utuh. Aku jelasin pake gambar aja yak. Semoga kalian gampang mencernanya.



Anggap gambar persegi panjang itu adalah pashminanya. Bagi pashmina menjadi 3 bagian. Potong sehingga ada 3 kain. Kain 1, kain 2, dan kain 3. Kain 1 untuk bagian depan kiri. Kain 2 untuk bagian belakang, kain 3 untuk bagian depan kanan. Setelah terbagi menjadi 3, buat garis miring *gak usah miring2 banget, kemudian gunting. Potong sesuai pada gambar atas yak. Yang saya arsir itu potongannya.

Setelah dipotong, jahit pada bahu (yang miring itu). Kain 1 sambung dengan kain 2 bagian kiri. Kain 3 sambung dengan bahu kain 2 sebelah kanan. (Pada gambar yg sebelah kanan itu bukan kain 1, melainkan kain 3). Hasil jadinya kurleb seperti di bawah.


Selanjutnya jahit bagian sisi pinggangnya  jangan jahit sampai bahu. Beri jarak untuk lobang lengan. (Lihat gambar yak).

Selanjutnya, rapihkan bagian di setiap pinggirannya. Bisa dirapihkan dengan menggunakan bisban, atau tekuk pinggirannya 2x, kecil ajah,  kemudian jahit (jahit kelim).

Selesaiiiii... Gampang kaaaannn....

Hasil jadinya seperti ini nih. Semoga pada syuka yaaakkk... *maaf fotonya seadanya. Tapi tetep kecee. Hehe




You May Also Like

20 komentar

  1. Wow jadi vest ya 😁 keren, jadi ada manfaatnya

    BalasHapus
  2. Kamu pinter jahit sih mbaak..aku pengen obrak abrik juga sebagian koleksi bajuku yang udah rusak atau sobek..cuma aku nggak bs jahit..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak dewi..
      Sini sini siniii... Kita jahit bareng.. ☺

      Hapus
  3. mbaknya pinter masak, pinter jait, ya Allah....tipe ideal banget.
    *tepok tangan*

    BalasHapus
  4. Saya jadi shy shy loh...
    Masih banyak kekurangannya juga kog.. Tapi gak tak pamerin.. Hahaha...

    BalasHapus
  5. Saya jadi shy shy loh...
    Masih banyak kekurangannya juga kog.. Tapi gak tak pamerin.. Hahaha...

    BalasHapus
  6. Wahh.., hebat banget kamu, mbak. Kreatif banget sih ^ ^
    Salam kenal ya mbak

    www.nonahitampahit.co

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mbakk...
      Salam kenal... 😊

      Hapus
  7. Ealah.. bisa dijadiin cardigan juga ya. Boleh nih kapan2 dipraktekin tuto nya

    BalasHapus
  8. Mba keren banget siy kepikiran loh aku jadi inget2 pashmina yang ga kepake hahahah
    ini jahit pake tangan apa mesin mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ini pake tangan bisa deh mbak.. Soalnya jahitnya gak ribet.. Cuma kudu sabar aja. Hehehe..
      Aku ni jahit pake mesin mbak..

      Hapus
  9. Aku juga suka upcycle baju/kain bekas menjadi hal yang baru.. DIY memang asyik ya, menghemat pula! hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak mel..
      Menantang juga.. Karena kain yang mau kit upcycle ukurannya dan bentuknya terbatas.. Harus mikir ekstra kira2 bisa jadi apa..

      Hapus