RESEP: TUMIS ONCOM DENGAN KACANG PANJANG DAN KEMANGI

by - 05.12

Resep tumis oncom dengan kacang panjang dan kemangi

Hai teman,,,

Setiap kali ke warung sayur, selalu tergoda dengan aroma oncom yang hmmmm... nikmatnya gak bisa bikin move on. Aku mengenal oncom setelah tinggal di pinggiran jakarta ini. Awalnya sih ragu, daripada penasaran dan bikin mati penasaran. Gak ada salahnya donk untuk mencoba. Dan ternyata aku ketagihan, hehehe.

Beberapa hari yang lalu, aku sempet diketawain oleh Ibu-ibu komplek karena aku bikin sayur asem pake buncis dan wortel. Emang salah yak? Bagiku mah, asal itu masih enak yo gak masalah. Gara-gara tragedi itu, aku dapet julukan “sayur asem pake wortel”, *panjang bener yak julukanku.

Ini oncom yang sudah aku bakar sebentar.

Sekarang giliran oncom. Biasanya kalo oncom gandengannya adalah leunca dan kemangi. Lha ini, malah tak campurin kacang panjang. Kalo tetanggaku tau ketawanya mereka seperti apa yak?. Wislaah... “ojo diguyu”. Penting masakanku laku, gak sampe “turah-turah”. Mubazir kalo sampe bersisa.


Aku kurang paham memilih oncom bagus yang gimana. Pokoknya mah kalo menurutku yang aromanya khasnya masih segar membahana badai, warnanya cerah, gak kotor, dan gak bantet. Sepertinya, oncom yang udah lama itu bentuknya kayak spons yang kempes. *atau perasaanku doank yak?.

Sebelum oncom diolah, aku lebih suka oncomnya dibakar terlebih dahulu. Supaya aromanya lebih tajem dan wangi.


Hayoooo..... Kalian kalo mau nyuci sayur, di “potekin” dulu, *haduh, bahasa apa ituh? Atau dicuci dulu?. Dari sumber yang pernah aku baca, *lupa sumbernya darimana, udah lama sih bacanya. Lebih baik dicuci terlebih dahulu baru “dipotekin”. Kenapa? Karena kandungan vitamin/ gizi yang ada di dalam sayur mudah larut ke air. Ketika air bekas cucian sayur dibuang, kandungannyapun juga ikut terbuang. Untuk info lebih lanjut search aja yak ama “uncle google”. Ini berlaku juga untuk buah loh ya. ouw iya, mencuci sayur dan buah lebih baik di bawah air mengalir.

Untuk lebih cepat “mothekin” kacang panjang, gunakan gunting. Siapkan gunting khusus untuk sayur.

Pilih kacang panjang yang pastinya segar, dengan warna hijau segar. Kalo aku lebih suka kacang panjang yang kurus-kurus, alias gak ada kacang di dalamnya. Kenapa? Menurutku kog lebih crunchy dan lebih manis. Selain itu, kalo ditimbang isinya banyak. Hahahaha.

Bdw untuk daun kemanginya, panen di kebon tetangga. Duuuhh.. surga banget deh kalo punya tetangga yang demen berkebun. Aku juga ikut kecipratan hasil kebunnya. Butuh sereh tinggal petik. Butuh daun kemangi juga tinggal petik. Butuh pucuk ubi juga tinggal “klek”. Yang nanem siapa yang panen siapa. Hahahaha.

Langsung ke resepnya ya. Cekidoooott.....


ONCOM DENGAN KACANG PANJANG DAN KEMANGI
(Resep By Myself)

BAHAN:
-          2 kotak oncom, bakar, dan potong dadu.
-          2 ikat kacang panjang, cuci bersih, potong kurleb 2 cm.
-          2 genggam daun kemangi
-          3 siung bawang putih, cincang halus
-          5 siung bawang merah, iris halus
-          2 lembar daun salam
-          2 lembar daun jeruk
-          1 ruas jari telunjuk lengkuas, geprek
-          3 buah cabai merah keriting
-          3 buah cabai hijau
-          5 buah cabai rawit (opsional)
-          Sedikit air
-          1,5 sdt garam
-          1 sdt kaldu bubuk (opsional)
-          1 sdt lada bubuk
-          Minyak untuk menumis secukupnya

CARA MEMBUAT:
Panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang merah, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk mpe harum.

Masukkan cabe-cabenya. Adduk rata. Lanjutkan dengan memasukkan kacang panjangnya. Aduk mpe semua kacang panjang terolesi dengan minyak. Ini supaya warna kacang panjangnya lebih cantik dan mengkilap.

Kemudian masukkan air. Masak mpe kacang panjang setengah matang. Lanjutkan dengan daun kemangi dan oncomnya. Beri bumbu-bumbunya, garam, lada bubuk, dan kaldu bubuk (opsional).

Jangan lupa incip-incip. Kalo rasa sudah pas, sajikan dengan nasi hangat. Makan tanpa laukpun tetep enaaakk.


Selamat Mencoba teman...

You May Also Like

23 komentar

  1. Balasan
    1. Makasih mbak Ida..
      Silahkan dicoba.. Hihihi

      Hapus
    2. Makasih mbak Ida..
      Silahkan dicoba.. Hihihi

      Hapus
  2. makasih resepnya...kapan2 bisa dicoba..sepertinya enak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas rivai hidayat..
      Selamat mencobaa..😊

      Hapus
  3. Calon istri yang baik itu kan bisa masak yak.. salah satunya.
    ._. Ya ampun, aku masih jauh dari image calon istri yang baik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat nona Ginciiii...
      Dulu aku juga gak bisa masak..
      Ke dapur aja gak pernah..
      Setelah nikah, "terpaksa" harus masak.. Yaaa geto deh.. Masakan pertama, nasi goreng. Rasanya gak jelas.. Keasinan iya, kemanisan iya.. 😄

      Yang penting istri yang baik mbak.. 😄😄

      Hapus
  4. Kayaknya seger gitu yaa Mba.. Mau coba juga ah. Thanks for share :D

    BalasHapus
  5. Kolaborasi kacang panjang dan oncom, merupakan ide kreatif banget nih. Aku belum pernah coba experiment gini. Kalau kacang panjang paling sama wortel, sosis dan bakso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sila dicoba mbak..

      Enak ini mbak.. Aroma oncom, trz ada krenyes2 manis dari kacang panjangnya..

      Hapus
  6. Aku ngak suka oncom, apapun bentuk nya tetep ngak mau #AnehRasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pertama makan oncom memang aneh rasanya.. Tp kog yo lama2 jadi doyan..
      Mungkin karena akunya yg rakus.. Apa2 doyan.. Hehe

      Hapus
  7. Oncom pedasss yang mantap :D Oh dibakar dulu rasanya jadi lebih mantap ya, mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak... Aku dapet anjuran dibakar dari tetangga sebelah rumah yg kebetulan orang bandung asliii...

      Hapus
  8. bener mak, potekin dulu sayurnya baru dicuci. Tapi apalah daya kalau udah kebiasaan potek dlu yaa lupa lagi lupa lagi biasanya.
    aku suka bgt deh olahan oncom, ah jd pengen makan oseng oncom lenca

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum terbiasa sih ya mbak.. Hehe
      Hayuukk bikin oncooomm..

      Hapus
  9. Enak dan mudah dibuat ya ternyata. Makasih mba Sharingnya

    BalasHapus
  10. I love oncom, selain ditumis pake kangkung n buncis ternyata bisa pake kacang panjang ya, duh jd ngiler

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah baru tau kalo bisa pake kangkung juga.. Saling menginspirasi nih.. Hihi..

      Hapus
    2. Saya malah baru tau kalo bisa pake kangkung juga.. Saling menginspirasi nih.. Hihi..

      Hapus