DIY PROJECT: REFASHION ROK PANJANG JADI VEST

by - 00.43


Hai teman...

Salam penthuuuul..

Refashion lagi ya teman, Kali ini yang menjadi korban adalah Rok panjangku. Aku kurang begitu suka pake rok. Entah kenapa kalo pake rok tu berasa saya dari "ndeso". Padahal kalo liat orang laen pake rok panjang tuh kog pantes-pantes ajah. Bareng aku yang pake...... *pecahin cermin. Padahal udah maksa mensugesti diri sendiri kalo aku pantes pake rok. Tetep aja sugestinya mental. 


Rok panjang ini nekat ku beli 6 bulan yang lalu, dan baru aku pake sekali. *gak doyan rok kog nekat beli. Merasa bersalah sih, kenapa kubeli. Yaaaa.. namanya wanita, kalo laper mata mah semuanya diembat. Nyampe rumah yaaaaaasssalam.

Rencananya sih mau ku bikin mini dress yang modelnya kurang lebih seperti gambar bawah.


Karena saking cerdasnya aku sampe2 salah motong pola, berubah haluan deh. Whyyyy... Whyyy whyyyyy???. Ini semua gara2 aku yang pemalas. Males gambar pola di keras, nekat bikin polanya langsung di atas kain. Wuiiihh... berasa propesional geto. Kali aja isa nyaingin ipan gunawan *hell to the oo, hellooooo. Yasudahlah udah terlanjur yo banting otak wae.

Eng ing eeeennggg... Allah bener2 Maha Baik. Gimana gak baik cobak, disaat hambanya hampir putus asa dengan kegalauannya, Allah menunjukkan kebesarannNya. Dia memperlihatkanku ide yang cemerlang melalui seorang artis yang nongol di tivi.

"Alhamdulillah, potongan kain yang gak jelas ini tidak jadi berakhir di tumpukan kain lap di dapur"

Langsung aja yak ke tutorialnya. Cekidoooottt.....

Rok yang utuh

Hasil setelah ditetel.

Tetel semua jahitan pada rok.

Mulailah untuk membuat pola. Hasilnya seperti gambar berikut. Jangan lupa membuat lapisan dalam leher.


Ini bagian dalam leher. Kanan kiri ukuran harus sama. Jangan meniru yang saya lakukan yak.

Mulai menjahit. Jahit bagian bahu terlebih dahulu, Kemudian lanjutkan dengan menjahit bagian sisi pinggang.

Selanjutnya menyambung lapisan dalam leher ke leher bagian depan (nyambungnya sampe bawah yak, yang panjang ituh). Ouw iya, aku sengaja gak pake kain visilin. Soalnya males keluar, musim ujan. Yasudah deh. *lagi2 jangan ditiru.

Part yang paling susah adalah bagian ketiaknya. Bagian ketiak ada 2 lapisan kain, yaitu kain lapisan dalam dan kain yang bagian luar. Ujung lapisan yang kain luar pada ketiak dengan ujung lapisan dalam masing-masing ditekuk kedalam. Maaf kelupaan foto. Aku kasih contoh pake kain perca aja yak. Kemudian jahit di bagian sisinya.


Rapihkan kain yang bagian bawah badan. Kalo sudah rapi, jahit pinggirannya (jahit kelim).
Terakhir adalah sentuham kancing di bagian perut (opsional sih). Kalo aku gak pake kancing. Lagi2 karena males keluar rumah, hehehe...

Tralaaaaa........ Vest baru sudah jadiiii...


Buat jalan-jalan kemana yak?

Selamat mencoba...
*Maaf ya, foto tutonya kurang lengkap. Keasikan maen mesin jahit mpe lupa foto2.. Maap maap maap.. Semoga bermanfaat...

You May Also Like

10 komentar

  1. Jadinya cantik banget mba... bahkan bahan salah potong aja jadi bagus banget... #pengenjuga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk mbakkk maen kain2an... Menyenangkan loh.. Bisa pilih model sesuk hatiii.. Hehehe

      Hapus
  2. Mna ini jahit manual, apa paki mesin.
    Aku gk jago nih masalah jauit menjahit, itu keren banget tau bisa recycle rok jadi outer gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pake mesin jahit mbak..
      Kalo sering jahit lama2 bisa jago jahit.. Hehehe...

      Hapus
  3. Kreatif bangettttttt.. sukakkkk ih ^^

    BalasHapus
  4. waaa keren ini. gak kepikiran bisa bikin vest dari rok... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak.. Lunayanlah daripada beli lagi... Hehehe...

      Hapus
  5. Keren juga ya Mbak, banyak tu rok yang tidak terpakai lagi, coba modifikasi kayak ginilah! Terima kasih tutorialnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan di coba... Semoga bermanfaat..

      Hapus