PANCAKE SARAPAN FAVORITKU, KAMU?

by - 15.00


Beberes rumah udah beres. Sekarang giliran leha-leha cantik sambil blogging.

Hayooo.. Siapa yang belom sarapan?
"Whaattt..!! Gak sarapan? Kenapa? Gak ada yang masakin?. Dasar jones luuu. Kasihaan". Hahaha..

Mumpung masih pagi, nulis tentang sarapan cucok donk ya.

Dulu, aku gak pernah sarapan. Setiap kalinya sarapan pasti perut bermasalah. Ya mendingan gak sarapan tho. Ternyata itu salah loh. 

Sarapan sangat bermanfaat bagi tubuh. Ini nih manfaatnya. Sumbernya saya ambil dari Manfaat.co.id. Dibaca yang khusyuk loh yak, sampai selesai. Jangan langsung maen scrol kilat ke bawah, hihihi.

1. Sumber Energi
Untuk beraktivitas sepanjang hari dalam bekerja sangat penting untuk memberikan tubuh nutrisi baik di pagi hari. Sarapan di pagi hari juga dapat membantu anda dalam memberikan energi tambahan yang dapat menunjang aktivitas sepanjang hari.

2. Mengontrol Berat Badan & Diet
Dalam berbagai penelitian telah membuktikan bahwa sarapan pagi dapat membantu dalam hal diet. Kok bisa? hal ini dikarenakan dengan mengisi perut di pagi hari maka ia dapat menekan nafsu makan anda di siang hari. Selain itu anda tidak makan “over” pada saat siang hari yang dapat merugikan dalam pola diet dan berat badan.

*Waaa.. Ini nih. Cewek pada demen. Sayapun juga. Hihihi.

3. Mengembalikan Metabolisme Tubuh
Saat tidur tubuh tidak mengkonsumsi makanan sama sekali, sehingga pada saat pagi hari, kadar gula dalam tubuh menurun drastis. Karbohidrat yang dikonsumsi di pagi hari merupakan sumber energi untuk beraktivitas namun jika sarapan ini terlewatkan, tubuh terpaksa mengambil cadangan gula dari lapisan otot, liver yang disebut glycogen. Kekurangan ini akan menyebabkan metabolisme tubuh tidak seimbang yang dapat berdampak pada berbagai penyakit seperti keluhan di lambung dan maag.

4. Meningkatkan konsentrasi otak
Kegiatan sarapan memperbaiki kadar gula yang menurun drastis semalaman selama kita tidur. Otak memerlukan asupan energi untuk berpikir dengan daya konsentrasi yang tetap baik. Sarapan merupakan bahan bakar otak agar permulaan kegiatan berjalan baik. Banyak penelitian yang telah menunjukan hasil positif bahwa sarapan dapat membantu konsentrasi dan kemampuan otak untuk berpikir.

*Oooo... Jadi otakku seperti ini karena dulu aku gak suka sarapan. *jedotin kepala di tembok.

5. Menjaga Mood
Hasil penelitian mengenai sarapan pagi banyak mengungkapkan bahwa mereka yang telah sarapan pagi dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan memiliki mood yang berbeda. Orang yang sarapan lebih baik moodnya dibandingkan dengan orang yang tidak sarapan.

*Moodku bagus kalo dapet duit. Sumpah.. Kalo nrima duit tu howone langsung cerah. Sekujur tubuh segerr. Otakku pun jadi fresh. Gak percaya? Coba deh.. Apalagi dapet sekumpulan uang kertas yang merah bergambar peci.. hahaha 

6. Kesehatan Jangka Panjang
Manfaat sarapan pagi untuk jangka panjang juga tidak kalah hebatnya, ia merupakan salah satu faktor yang dapat mendukung tubuh agar sehat sampai tua. Beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi, obesitas, jantung, sampai dengan diabetes memiliki korelasi yang sangat kuat dengan sarapan. Dengan sarapan pagi anda dapat mengurangi penyakit ini agar tidak menyerang untuk jangka panjang.

7. Baik untuk anak-anak
Manfaat sarapan bagi anak merupakan kebutuhan yang sangat penting, terlebih lagi jika si anak dalam usia sekolah. Sarapan pagi adalah awal persiapan otak anak untuk menerima pelajaran di sekolah, dengan sarapan pagi otak menjadi lebih fokus sehingga daya tangkap menjadi lebih optimal. 

*Oke deh, aku mau rutin sarapan. Biar fokus ngurusin "kamyu". Iya, "kamyu". Ciyeee ciyee ciyee.

Naahh... Udah tau kan manfaat sarapan pagi. Selanjutnya bonus resep pancake yang sering aku bikin untuk sarapan.

Pancake adalah menu sarapan favoritku, karena cara membuatnya yang simple dan mudah sehingga gak membutuhkan waktu yang lama. Dan yang lebih enaknya lagi, semua bahan ada di warung kelontong sebelah rumah. Tinggal nunggu buka lapak ajah. Belanja deh. Hihi.

RESEP PANCAKE by myself

BAHAN:
 -  12 sdm tepung terigu serba guna
- 2 sdt baking powder
- 1/4 sdt soda kue
- 1/2 sdt garam
- 4 sdm gula pasir (kalo kurang manis bisa ditambahkan)
- 1 btr telur kocok
- 1 gelas kecil (mungkin 200ml) susu cair. Aku biasanya susu bubuk full cream campur dengan air biasa.
 - 2 sdm mentega cair

CARA MEMBUAT:
Campur semua bahan kering, aduk rata.
Di mangkuk berbeda, campur telur kocok, susu cair, dan margarin cair. Campur adonan telur ke dalam tepung sedikit demi sedikit. Aduk rata.
Siapkan teflon anti lengket, olesi dengan sedikit butter, kemudian panaskan dengan api kecil.
Tuang 1 centong kecil atau secukupnya *terserah laah. Bentuk bulat tipis (tapi gak terlalu tipis, agak tebal dikit laaah).
Masak mpe ada lobang-lobang di pancake, boleh sambil di intip bagian bawah pancake (takut gosong), kalo lapisan bawah sudah berwarna coklat cantik, balik pancake.
Masak sisi satunya mpe warnanya sama dengan sisi sebelumnya. Lakukan hal yang sama mpe adonan habis. Ato bisa di sisakan setengah adonan, simpan di wadah tertutup, dan simpan di dalam kulkas. Hanya bertaham sehari semalam doank.

Tips membuat pancake.
- Pastikan menggunakan teflon anti lengket. Memasaknya menggunakan api kecil ke sedang.
- Pisahkan adonan cair dan adonan kering. Aduk terlebih dahulu supaya rata.
- Saat mencampurkan adonan basah ke kering, nuang adonan basahnya sedikit demi sedikit.
- Jangan mengaduk adonan terlalu lama. Karena tepung bertemu cairan akan menimbulkan gluten.
- Mebalik pancake cukup sekali saja. Emangnya gorengan, dibolak balik gak karuan. Hehehe.
- Pancake enak disajikan selagi habgat, dan diberi toping sesuka hati. Mises, keju, selai, mergarine cair, madu, karamel, sosis, sak karepmu lah pokoe.
- Selain pancake standar seperti ini, bisa juga dibikin tokyo pancake, bahkan bisa dibikin dorayakinya doraemon. Nyum nyum nyummm...

*kalo bikin pancake dengan toping yang gurih, kurangi takaran gula pasirnya, dan garamnya agak dibanyakin. Salah satu pancake gurih adalah tokyo pancake dengan isian sosis dan keju.

Ini versi tokyo pancake dengan isian sosis dan keju.


Semangat sarapan yuk.. 😊

You May Also Like

13 komentar

  1. Aaaaaaaaaaaa!!! Aku suka banget pancake... dulu pernah bikin tapi gosong
    ._.
    Pakein saos bluberi enak nih kasih es krim vanila.... aaaaaaaaaaa laper...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waa.. Kita tos duluuuu... *toooosss...
      Pancake tidak pernah mengecewakanku.. *tsaaaahh...😂

      Hapus
  2. Kelihatannya buatnya gampang yaa.. hmm boleh deh dicobain hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang gampang kog mbak..
      Selamat mencobaa.. 😊

      Hapus
  3. Saya bikin pancake karena waktu itu ga pake teflon, jadi lengket ga karuan 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi orak arik pancake ya mbak.. 😂

      Hapus
  4. Aku suka makan pancake, tapi lebih suka lagi kalau dibuatin.hihih.. Buatin dong mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sini siniii... Tak buatiin lancake yang spesiaaall ulalaaa...

      Hapus
  5. Enaaak nih kayanyaa pancakenya mbak miftha :D wwkwk jd mendadak lapar. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak versi aku mbak.. Hehehe...
      Sok atuh bikin pancake sendiri.. Bikinan sendiri pasti lebih endess..😊

      Hapus
    2. Enak versi aku mbak.. Hehehe...
      Sok atuh bikin pancake sendiri.. Bikinan sendiri pasti lebih endess..😊

      Hapus
  6. Ngiler dengan pancake sosis dan kejunya mbak. Jadi lapar asli. Kirim ketempat aku dong mbak pancakenya hihi. Makasih resep dan tipsnya nih. Bisa lah nyoba bikin pancake nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama...
      Tak lempar aja ya dari sini. Hehehe...

      Hapus